Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Mesir dan Israel Halangi Pemindahan Korban Luka dari Gaza ke Turki

Turkish Airlines 777
Bagikan:

Hidayatullah.com–Wakil Perdana Menteri Turki, Recep Akdag, mengatakan bahwa pemerintah Israel dan Mesir tidak memperbolehkan pesawat Turki memindahkan korban-korban luka akibat kekejaman Israel dari Gaza ke Turki.

Dia menegaskan bahwa Turki sedang berupaya mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menekan pemerintah ‘Israel’ agar memperoleh izin mendarat.

Akdag mengatakan hal itu di Bandara Internasional Ercan ketika sedang melakukan kunjungan resmi di Cyprus. Dia menambahkan di bawah instruksi Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Binali Yildirim, Ankara ingin membawa korban luka dari Gaza agar mendapat perawatan di Turki.

“Kepala Staf dan Direktorat Masalah Darurat telah mengirim pesawat untuk tujuan ini, dan personel Kementrian Kesehatan telah bersiap dan menunggu izin. Namun, pemerintah Israel dan Mesir sejauh ini tidak memperbolehkan pesawat-pesawat kami mendarat. Kementrian Luar Negeri Turki berupaya menyelesaikan masalah itu,” katanya dikutip Middle East Monitor.

Baca: Turki akan Sumbang 10 Juta USD ke Palestina

“Saya menghubungi ketua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan meminta bantuan, seperti yang telah mereka lakukan pada krisis tahun 2014 ketika mereka menekan mereka (Israel dan Mesir),” katanya.

Kemenlu Turki kemarin memanggil duta besar Israel di Ankara, dan memberitahukannya protes resmi pemerintah Turki atas pembantaian di Gaza dua hari lalu. Turki kemudian meminta dubes Israel untuk meninggalkan negara itu untuk waktu yang tidak dapat ditentukan.

Baca: Ikon Perlawanan Palestina Berusia 16 Tahun Tiba di Turki

Di sisi lain, Kemenlu Israel meminta Konsulat Turki di Jerusalem untuk meninggalkan Israel sebagai tanggapan terhadap langkah Turki.

Sementara itu Menteri Pertanian Israel, Uri Ariel, mengumumkan penundaan impor sayuran dari Turki, juga untuk menanggapi pengusiran dubes Israel untuk Turki.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Kasih Ayah Tiada Tandingan, Merawat Anak Selama 50 Tahun

Kasih Ayah Tiada Tandingan, Merawat Anak Selama 50 Tahun

Pasukan Iraq dan Amerika Serang Syiah

Pasukan Iraq dan Amerika Serang Syiah

Label Rasis dari Wilders untuk Kaum Migran

Label Rasis dari Wilders untuk Kaum Migran

ADL Gembira Amerika Tangkap Muhammad Hussain

ADL Gembira Amerika Tangkap Muhammad Hussain

Iraq Menahan >1.400 Orang Asing Istri dan Anak Militan ISIS di Mosul

Iraq Menahan >1.400 Orang Asing Istri dan Anak Militan ISIS di Mosul

Baca Juga

Berita Lainnya