Buronan Mafia Sisilia Berbahaya Ditangkap Berkat Eurosearch

Buronan Mafia Sisilia Berbahaya Ditangkap Berkat Eurosearch

Terkait

Hidayatullah.com—Seorang buronan mafia Sisilia berbahaya telah ditangkap di dekat Darmstadt dalam operasi gabungan yang melibatkan kepolisian Jerman dan Italia. Europol mengatakan penangkapan Nicola Amoroso merupakan buah dari program pelacakan baru yang dinamakan “Eurosearch”.

Amoroso ditangkap hari Senin (7/5/2018) Biebesheim, sebuah kota kecil di tepian Sungai Rhein berpenduduk 7.000 jiwa, yang terletak cukup dekat dengan Bandara Frankfurt dan kota Darmstadt di negara bagian Hesse, lapor media Jerman dan Italia Rabu (9/5/2018) seperti dilansir Deutsche Welle.

Europol yang berbasis di Den Haag mengatakan bahwa penangkapan Amoroso merupakan hasil dari pertukaran informasi antara kepolisian Italia dan Jerman. Amoroso menjadi buronan pertama yang berhasil diringkus aparat dengan bantuan Eurosearch, sebuah proyek yang dibentuk untuk mencari lokasi keberadaan buronan-buronan mafia berbahaya di Eropa.

Di lingkungan mafia Sisilia Cosa Nostra, Amoroso tergabung dalam klan Scalisi dengan hubungan keluarga di Catania, kata Europol.

Dia masuk dalam daftar orang yang harus ditangkap European Arrest Warrant (EAW) karena aktivitas mafia.

Polisi di Catania, kota terbesar kedua di Sisilia, mengatakan bahwa lelaki berusia 37 tahun itu diburu polisi karena dituduh melakukan sejumlah kejahatan, termasuk pemerasan, kepemilikan senjata dan perampokan. Dia berhasil meloloskan diri dalam operasi penangkapan di Sisilia pada 11 Juli 2017 yang menjaring sejumlah anggota mafia.

Media Italia Yvii24 menyebutkan bahwa Amoroso merupakan “tersangka kelas kakap.”

Bulan lalu, pihak berwenang Italia menangkap 21 anak buah buronan mafia Matteo Messina Denaro, yang bersembunyi dari kejaran aparat pada 1993.

Guna menghindari pemantauan elektronik oleh pihak berwenang, Denaro konon menggunakan kertas-kertas berukuran kecil untuk berkomunikasi yang disebut “pizzini”.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !