2.000 Orang Melamar 5 Lowongan Perawat PNS di Turin Italia

2.000 Orang Melamar 5 Lowongan Perawat PNS di Turin Italia

Terkait

Hidayatullah.com—Pekerjaan di sektor publik di Italia sangat diminati banyak orang, sampai-sampai ribuan orang dari berbagai penjuru negeri itu berbondong-bondong ke pinggiran kota Turin untuk melamar 5 lowongan perawat.

Total ada 2.000 orang yang mendaftar untuk mengisi 5 lowongan perawat di daerah pinggiran kota Turin. Hari Rabu (28/3/2018), 824 pelamar yang dag-dig-dug-der jantungnya –kebanyakan mereka baru lulus universitas– disaring menjadi sekitar 500 untuk menjalani proses seleksi lebih lanjut guna mendapatkan pekerjaan sebagai perawat berstatus pegawai negeri.

Dilansir Euronews, mereka datang pagi hari, menjalani satu tes, kemudian jika lulus, melakukan satu tes lagi di sore hari. Oleh karena peserta tes sangat banyak, ujian dilakukan di sebuah stadion bola basket, dan peserta duduk di bangku mengisi lembar jawaban dengan menggunakan alas clipborad di lututnya.

Raffaele Di Sieno, yang pernah merasakan sulitnya mendapatkan pekerjaan sebagai perawat, menyediakan “Bus to Go” bagi para pencari kerja itu. Bus tersebut berjalan menyusuri jalan-jalan di Italia, dari bagian selatan menuju utara, guna mengangkut mereka yang akan menuju utara untuk mengikuti ujian. Perjalanan ditempuh dalam waktu 13 jam.

Gino Ferrara sudah setahun lebih menjadi sopir Bus to Go. Dia menceritakan pengalamannya kepada Euronews.

“Ada orang-orang yang belajar di menit-menit terakhir, berbicara dengan dirinya sendiri. Sebagian bahkan ada yang jatuh cinta di atas bus. Kami juga mengangkut seorang wanita berusia 50 tahun yang sudah mengikuti tes 25 kali,” kata Ferrara.

Sebagian pelamar kerja itu berkali-kali mengikuti tes, meskipun tidak mengetahui kapan akhirnya mereka akan diterima.

“Ini usaha saya yang keempat kali,” kata Guiseppe di Cava kepada Euronews, saat menaiki bus untuk pulang kembali ke rumahnya di bagian selatan Italia.

Dia menjelaskan bahwa ujian selalu digelar di bagian utara Italia, sehingga sudah tak terhitung berapa jam yang dihabiskannya di jalan.

“Ujian kali ini tidak terlalu bagus,” ujarnya. “Saya akan coba lagi.”

Lima lowongan perawat yang ditawarkan di Turin menjanjikan gaji kotor sekitar 1.890 euro (Rp 32 juta) perbulan. Dalam kondisi perekonomian negara yang tidak menentu seperti sekarang ini, pekerjaan dengan gaji sejumlah itu merupakan idaman banyak orang yang memandangnya sebagai “pekerjaan untuk seumur hidup.”

Menurut laporan Komisi Eropa yang dirilis Juli 2017, hampir satu dari setiap lima pemuda Italia statusnya sedang tidak bekerja, mencari pekerjaan ataupun tidak sedang menuntut ilmu purna waktu. Dengan kata lain mereka adalah pengangguran.

Angka pengangguran kelompok usia antara 15 dan 24 di Italia merupakan ketiga tertinggi di kalangan seluruh negara anggota Uni Eropa pada Januari 2018, setelah Yunani dan Spanyol, menurut portal Statistica.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !