Ahad, 28 Maret 2021 / 15 Sya'ban 1442 H

Internasional

Tabrak Mati Pejalan Kaki, Uber Tangguhkan Proyek Mobil Swakemudi

Mobil Volvo swakemudi yang dikembangkan Uber.
Bagikan:

Hidayatullah.com—Uber mengatakan menangguhkan program rintisan mobil swakemudi setelah sebuah kendaraannya yang dibekali teknologi canggih menabrak mati pejalan kaki di Tempe, Arizona, Amerika Serikat.

Hari Ahad malam (18/3/2018), seorang wanita tewas akibat ditabrak mobil swakemudi Uber saat menyebrang jalan. Menurut Tempe Police Department, dia dibawa ke sebuah rumah sakit lokal, di mana dia meninggal akibat luka-luka yang dideritanya.

Polisi mengatakan bahwa mobil tersebut dalam “autonomous mode ketika menabrak korban, sementara ada seseorang yang duduk di belakang kemudi.” Itu artinya, mobil dalam posisi berjalan sendiri saat menabrak korban. Selama ujicoba, seseorang ditempatkan di depan kemudi berjaga-jaga guna mencegah hal-hal tak diinginkan.

Dilansir DW, dalam pernyataan hari Senin (19/3/2018) Uber, yang berbasis di San Fransisco, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama penuh dengan aparat setempat dalam investigasi.

“Kabar sangat menyedihkan dari Arizona. Kami memikirkan keluarga korban, sementara itu kami juga bekerja sama dengan penegak hukum setempat untuk memahami apa yang terjadi,” tulis CEO Uber Dara Khosrowshahi lewat Twitter.

Akibat dari kecelakaan itu, Uber mengumumkan penghentian ujicoba kendaraan swakemudinya di Pittsburg, San Fransisco, Toronto, serta area Phoenix. Saat ini Uber sedang melakukan ujicoba mobil tanpa sopirnya di Arizona, Pittsburg, Toronto serta daerah-daerah lain.

Ketika Uber melakukan tes pertama kali kendaraan semacam itu di California pada tahun 2016, mobilnya ketahuan berjalan sendiri menerobos lampu merah, sehingga menimbulkan pertikaian sengit dengan regulator setempat.

Kecelakaan hingga merenggut nyawa orang yang melibatkan mobil swakemudi tersebut bukan kejadiaan pertama kali.

Pengemudi Model S, mobil swakemudi yang dikembangkan Tesla Motors, tewas dalam tabrakan dengan sebuah truk di Williston, Florida, pada tahun 2016. Ketika itu mobilnya dalam posisi berjalan sendiri.

Mobil swakemudi yang dikembangkan Alphabet Inc, perusahaan induk Google, tahun 2017 terlibat tabrakan di Mountain View, California. Mobil itu menabrak sebuah bus ketika berusaha menavigasi rintangan di jalan.

Sebelumnya tahu lalu, Uber sudah menghentikan sementara program mobil tanpa sopirnya setelah terjadi tabrakan yang melibatkan salah satu kendaraannya yaitu Volvo SUV.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Istri Menteri Berharap TKI Tak Lagi Kerja di Luar Negeri

Istri Menteri Berharap TKI Tak Lagi Kerja di Luar Negeri

Bela Muslim Yang Dilecehkan, Gadis Australia Tuai Banyak Pujian

Bela Muslim Yang Dilecehkan, Gadis Australia Tuai Banyak Pujian

Pemerintah Inggris Mengusir Diplomat Israel

Pemerintah Inggris Mengusir Diplomat Israel

Mesir Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Mesir Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Gereja Denmark Boleh Kawinkan Homo

Gereja Denmark Boleh Kawinkan Homo

Baca Juga

Berita Lainnya