Anggota Parlemen Inggris Meminta untuk Mengunjungi Mohamad Mursi di Penjara Mesir

Juni tahun lalu Mursi dikabarkan mengalami diabetes dan tidak menerima perawatan yang layak di penjara

Anggota Parlemen Inggris Meminta untuk Mengunjungi Mohamad Mursi di Penjara Mesir

Terkait

Hidayatullah.com–Sebuah kelompok lintas partai anggota parlemen Inggris senior telah mengajukan petisi kepada pemerintah Mesir untuk mengizinkan akses ke mantan presiden yang dipenjara Mohamad Mursi, di tengah laporan bahwa kesehatannya telah memburuk secara serius, kata The Guardian yang dilansir dari Middle East Monitor.

Mursi ditahan secara terpisah di penjara Tora dan keluarganya diizinkan mengunjunginya dua kali sejak dia dipenjarakan setelah kudeta militer pada tahun 2013.

Mursi memenangkan kursi kepresidenan dalam pemilihan yang disebabkan oleh sebuah pemberontakan populer melawan pemerintahan 30 tahun Hosni Mubarak, dan baru diasingkan setahun setelah ditangkap. Dia dihukum karena serangkaian pelanggaran termasuk membahayakan keamanan nasional dengan membocorkan dokumen ke Qatar dan menghasut kekerasan oleh Ikhwanul Muslimin.

Ada laporan bahwa dia telah ditolak aksesnya ke perawatan medis yang memadai saat berada di penjara. Permohonan kunjungan telah dikirim ke duta besar Mesir di Inggris dan mengikuti permintaan kepada anggota parlemen Inggris dari anggota keluarga Mursi.

Baca: Pengadilan Mesir Vonis Mursi Penjara Seumur Hidup

Anggota parlemen dan pengacara internasional yang mencari akses termasuk mantan ketua komite pemilihan urusan luar negeri Sir Crispin Blunt. Tokoh Inggris lainnya yang ingin membentuk panel tinjauan penahanan termasuk Lord Faulks, mantan menteri kehakiman, dan Paul Williams, anggota staf pemilihan kesehatan dan mantan dokter umum. Tim Moloney QC akan bertindak sebagai penasihat hukum kelompok tersebut.

Blunt mengatakan ada kekhawatiran yang kredibel bahwa kondisi di mana Dr Mursi ditahan mungkin gagal secara signifikan dari standar internasional dan Mesir sendiri. Kami mengajukan permintaan ini ke pihak berwenang Mesir untuk mencari dan menilai sendiri kondisi di mana Dr Mursi ditahan.

“Tidak ada orang yang harus dibatasi dalam kondisi tidak manusiawi, dan implikasi mantan pemimpin nasional yang pernah memerintahkan mandat populer yang tidak diperlakukan secara adil dapat berdampak jauh melampaui perhatian yang tepat bagi individu manapun,” terangnya.

Baca: Pengadilan Mesir Minta Kompensasi Mursi $56 Juta dengan Tuduhan Kerusakan Penjara

Abdullah Mursi, putra Mursi yang berusia 24 tahun, mengatakan bulan ini, karena orang-orang Mesir akan diminta untuk memilih presiden berikutnya, ayah saya – presiden pertama yang terpilih secara demokratis di Mesir – tetap dipenjara dalam kondisi yang mengerikan, melanggar undang-undang internasional .

“Kami percaya dia belum menerima pengobatan yang memadai untuk diabetes atau tekanan darahnya. Karena dia belum menerima perawatan diabetes yang tepat, dia sekarang kehilangan sebagian besar pandangan mata kirinya dan akan membutuhkan operasi segera. Namun permintaannya untuk perawatan medis mendesak selama sesi persidangan ditolak. Terlepas dari pendapat seseorang tentang ayah atau keyakinannya, ini tidak bisa diterima siapa pun,” ujarnya.

Pengacara dan keluarga Mursi mengatakan bahwa dia mengatakan kepada mereka pada bulan Juni tahun lalu bahwa dia telah mengalami diabetes dan tidak menerima perawatan yang layak di penjara. Dia meminta dipindahkan ke rumah sakit swasta atas biaya sendiri.

Pihak berwenang Mesir bersikeras bahwa dia menerima perlakuan yang benar. Pemerintah Mesir perlu memberi visa kepada anggota parlemen untuk melakukan perjalanan ke Mesir dan memberikan izin untuk mengunjunginya di penjara.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !