Ahad, 24 Oktober 2021 / 17 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Salju Ekstrem, Masjid di Inggris Buka Pintu untuk Tunawisma

IlmFeed
Bagikan:

Hidayatullah.com–Beberapa masjid di Inggris dan Irlandia membuka pintu bagi para tunawisma di saat badai salju ekstrem melanda. Para sukarelawan menyediakan makanan dan tempat berlindung di tempat ibadah tersebut.

Badai salju terparah yang membuat suhu di bawah nol derajat Celsius terjadi di bagian barat daya Inggris dan South Wales. Otoritas Inggris menyebutnya sebagai Badai Emma.

”Temperaturnya cukup parah, jadi kami berpikir, ‘Mengapa kita tidak melakukan sesuatu untuk membantu?’,” kata Rabnawaz Akbar, seorang Wali Masjid Makki di kota utara Manchester, kepada Aljazeera.

Kecemasan terhadap warga yang mengalami masalah meningkat setelah Departemen Meteorologi Inggris mengeluarkan peringatan peringatan merah, barat daya Inggris dan selatan Wales.

Peringatan tingkat kuning juga dikeluarkan untuk seluruh Inggris kemarin, dengan Badai Emma membawa salju tebal dan angin kencang yang bisa mempertaruhkan nyawa.

Selama beberapa hari terakhir, relawan mulai menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi tunawisma di Manchester.

Baca: Muslim Inggris, Lancarkan Kampanye ‘Buka Pintu Masjid

Masjid ini juga menawarkan kemudahan bagi mereka yang mencari tempat berteduh.

Karena masjid terletak di sebagian besar wilayah masyarakat Asia Selatan, hidangan yang disediakan meliputi makanan tradisional Bangladesh dan Pakistan seperti nasi dan kari ayam.

Rabnawaz mengatakan jumlah tunawisma di Manchester tumbuh.

“Langkah pengamanan selama delapan tahun terakhir berarti layanan pendukung yang dibutuhkan masyarakat hilang. Solusinya bukan hanya tentang orang yang tunawisma, tapi beberapa juga memiliki masalah kesehatan mental.

“Diantaranya adalah korban kekerasan dalam rumah tangga, pecandu narkoba atau imigran yang tidak memiliki dokumen – mereka tidak memiliki akses terhadap dana publik.

“Untuk memastikan mereka tidak di jalanan, Anda perlu memberikan dukungan, tidak hanya memberi mereka tempat untuk bermalam. Sayangnya, karena ketentuan pemerintah daerah terputus, mereka tidak punya uang untuk membantu, “katanya.

Jamie termasuk di antara empat tunawisma yang bermalam di masjid.

“Saya pecandu narkoba. Saya tidak pernah memasuki masjid sepanjang hidup saya. Saya mengunjungi seorang pria yang bertanya apakah saya seorang tunawisma dan ingin bermalam di masjid.

“Mereka membuat saya dihargai. Berikan saya sesuatu untuk dimakan dan diminum, sesuatu yang tidak bisa diberikan pemerintah daerah untuk orang-orang seperti kita, “katanya.

Baca: 200 Masjid di Inggris Lakukan Open House

Jamie mengatakan bahwa media sering menggambarkan aspek negatif dari masjid tersebut.

“Anda selalu mendapatkan gambaran tentang masjid. Tidak ada yang menyukainya. Saya tidak terdorong untuk menjadi radikal, “katanya.

Masjid Agung Leeds; Masjid Oldham; Masjid Finsbury Park; Masjid Canterbury dan masjid Clonskeagh di Dublin, bagian dari Pusat Kebudayaan Islam Irlandia, juga membuka pintu bagi tunawisma.

“Kami menempatkan petugas keamanan di malam hari, panitia diinstruksikan untuk mengambil tindakan untuk memantau susu di bangunan, terutama di malam hari,” kata Kepala Pusat Kesejahteraan Masyarakat Pusat Kebudayaan Islam Irlandia, Summayah Kenna kepada Radio 98FM Dublin.

Dalam sebuah laporan pada akhir Januari, Crisis, sebuah badan amal yang bekerja untuk mengakhiri tunawisma, menggambarkan meningkatnya jumlah orang yang hidup tanpa tempat berlindung sebagai “malapetaka”.

Menurut pemerintah, sekitar 5.000 orang bisa ditemukan tidur nyenyak pada malam tertentu di musim gugur tahun lalu, lebih dari dua kali lipat angka 2010. Crisis mengatakan jumlah orang yang tidur dijalan saat ini sekitar 8.000 dan akan meningkat menjadi 15.000 pada 2026 “jika tidak ada yang berubah”.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mesir Tempat Paling Berbahaya Bagi Wartawan

Mesir Tempat Paling Berbahaya Bagi Wartawan

Raja Saudi Wafat, Mesir Tunda Peringatan Revolusi 25 Januari

Raja Saudi Wafat, Mesir Tunda Peringatan Revolusi 25 Januari

Libanon Geledah Perusahaan Jasa Pengiriman Uang Pentransfer Dana ke ISIS

Libanon Geledah Perusahaan Jasa Pengiriman Uang Pentransfer Dana ke ISIS

Al-Azhar Desak Pelaku Kerusuhan Berdarah Diadili

Al-Azhar Desak Pelaku Kerusuhan Berdarah Diadili

Mesir Jatuhkan Hukuman Mati Empat Anggota Ikhwan

Mesir Jatuhkan Hukuman Mati Empat Anggota Ikhwan

Baca Juga

Berita Lainnya