frontpage hit counter

200 Masjid di Inggris Lakukan Open House, Layani Dialog Antar Agama

Sweet mengaku tidak mengira masjid ternyata "adalah tempat yang ramah", tidak seperti yang selama ini dia baca di media

200 Masjid di Inggris Lakukan Open House,  Layani Dialog Antar Agama
ITV

Terkait

Hidayatullah.com–Acara tahunan yang menyambut warga di masjid-masjid di Inggris dibuka pada hari Kamis dengan tujuan untuk memulai dialog antaragama.

Visit My Mosque Day, gagasan Dewan Muslim Inggris (MCB), kelompok Muslim terbesar yang mewakili masyarakat di Inggris, dimulai pada tahun 2015.

Upacara pembukaan di Pusat Warisan Budaya Muslim di London tengah melibatkan penonton dalam sesi tanya jawab.

Panel pembicara termasuk Sekretaris Jenderal MCB Harun Khan, anggota parlemen Buruh Emma Dent dan anggota dewan Gerard Hargreaves dari Kerajaan Borough Kensington dan Chelsea.

“Dimulai dengan 20 masjid pada tahun 2015, prakarsa ini telah berkembang dalam popularitas, dengan 80 dan kemudian 150 masjid mengambil bagian dalam tahun-tahun berikutnya,” kata Khan dikutip dari Anadolu Agency.

Baca: Muslim Inggris, Lancarkan Kampanye ‘Buka Pintu Masjid

“Februari lalu, dengan larangan yang diajukan oleh Presiden AS Donald Trump, puluhan ribu orang Inggris berbondong-bondong ke masjid terdekat mereka untuk menunjukkan dukungan dan solidaritas mereka,” tambahnya.

Dengan lebih dari 200 masjid di seluruh Inggris yang berpartisipasi dalam acara akhir pekan ini, 2018 akan melihat jumlah masjid terbesar yang membuka pintu mereka untuk anggota masyarakat, dengan tema ‘Open Doors, Open Mosques, Open Communities’.

Dent mengatakan: “Peluncuran ini hari ini dan hari Ahad adalah hari untuk merayakannya. Bukalah pintu Anda dan berteriak keras tentang pekerjaan itu, yang sebagian besar dilakukan dengan jelas dan tenang dan membiarkan lingkungan masuk. Anda sebagai sebuah komunitas telah mengajarkan saya banyak hal tentang agama dan kemanusiaan Anda dan melawan stereotip.”

Baca: Direktori Masjid Terbaik di Inggris Diluncurkan

Khan mengungkapkan hasil jajak pendapat yang mengejutkan. Hampir 70 persen orang Inggris tidak pernah berada di tempat ibadah lain, dan hampir 90 persen tidak pernah berada di dalam sebuah masjid, dalam beberapa tahun terakhir.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh YouGov ditugaskan oleh MCB.

Penting untuk dicatat bahwa 18 Februari bukan satu-satunya anggota tanggal masyarakat Inggris yang bisa mengunjungi masjid. Masjid-masjid di Inggris terbuka untuk umum sepanjang tahun.

Salah satu pengunjung acara ini adalah Darren Sweet, petugas paramedis. Masuk ke Masjid Al Jannad di Slough, Berkshire, Sweet mengaku tidak mengira masjid ternyata “adalah tempat yang ramah”, tidak seperti yang selama ini dia baca di media.

“Sulit mendapatkan informasi dari media, tapi ini adalah kejutan yang menyenangkan,” kata Sweet, dikutip dari media Inggris, iNews.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !