Ada Korupsi di Balik Gelar PhD Grace Mugabe

Ada Korupsi di Balik Gelar PhD Grace Mugabe

Terkait

Hidayatullah.com—Wakil rektor Universitas Zimbabwe telah ditangkap terkait investigasi pemberian gelar doktoral kepada mantan ibu negara Grace Mugabe.

Dilansir BBC Sabtu (17/2/2018), Levi Nyagura ditahan oleh petugas dari badan antikorupsi, dengan tuduhan penyalahgunaan jabatan.

Grace, istri dari Robert Mugabe yang dipaksa mundur dari jabatan presiden Zimbabwe pada November 2017 karena dianggap terlalu arogan dan korup, dianugerahi gelar PhD hanya beberapa bulan setelah mendaftar pada 2014.

Pihak jurusan sosiologi di Universtas Zimbabwe mengatakan tidak melihat bukti-bukti pendukung terkait perkuliahan Grace Mugabe, dan meminta agar gelar yang diberikan kepada wanita itu dianulir dan dilakukan penyelidikan atasnya.

Otentisitas gelar PhD Grace Mugabe dipertanyakan karena tesisnya tidak dipublikasikan bersama karya ilmiah lain pada waktu itu.

Dokumen itu hanya dipublikasikan secara online pada Januari 2017 atau empat tahun setelah Grace Mugabe dinyatakan lulus. Sejak itu muncul banyak kecurigaan dan spekulasi di benak publik. Terlebih gelar diberikan ketika Robert Mugabe juga menjadi rektor di universitas yang sama.

Gelar doktoral itu dimanfaatkan oleh Grace Mugabe dalam kampanye-kampanye ketika dirinya semakin terlibat dalam dunia politik.

Publik curiga, Grace diplot untuk menggantikan Robert Mugabe yang telah berkuasa selama 37 tahun di negara Afrika yang terkenal dengan korupsinya itu.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !