Khashoggi Kirim Pesan ke Saudi Menyusul Pembebasan Tahanan Ritz-Carlton

Ini sangat jelas bahwa alasan di balik ini adalah partisipasi saya di banyak proyek lokal, regional dan internasional

Khashoggi Kirim Pesan ke Saudi Menyusul Pembebasan Tahanan Ritz-Carlton
jamalkhashoggi.com
Jamal Khashoggi

Terkait

Hidayatullah.com–Jamal Khashoggi, seorang penulis dan jurnalis, membuat komentar menanggapi para tahanan yang baru-baru ini dilepaskan dari Ritz-Carlton di Riyadh, kutip Middle East Monitor.

Melalui akun pribadinya di Twitter, Khashoggi menulis: “Pernyataan-pernyataan yang dibuat oleh penghuni Ritz-Carlton yang telah dilepaskan seperti ‘tidak ada yang terjadi’, ‘Saya sedang melakukan reuni keluarga’, ‘Saya dipanggil untuk meluruskan kesalahpahaman’, atau ‘Saya dibutuhkan untuk memberi sara’, harus dihentikan karena semua pernyataan itu meragukan dasar rasional.

Ciutan Khashoggi terjadi beberapa hari setelah otoritas Saudi melepaskan Pangeran Al-Waleed bin Talal setelah ditahan selama sekitar tiga bulan bersama dengan pangeran lainnya terkait dugaan korupsi, sebuah langkah yang mengindikasikan berakhirnya penahanan pangeran di  hotel yang terletak di Riyadh itu.

Baca: Pangeran al Waleed Negosiasi Pembebasan Dirinya

Seorang narasumber senior di pemerintahan Saudi mengatakan pada AFP bahwa pebisnis kaya itu telah mencapai sebuah “penyelesaian” dengan otoritas berwenang sebagai ganti pembebasannya, tanpa memberi detail lebih lanjut mengenai bentuk penyelesaian tersebut.

Pembebasan Al-Waleed terjadi beberapa jam setelah pembebasan tahanan terkemuka lainnya, termuask pemilik MBC Grup, Waleed Al Ibrahim, dan dua mantan pejabat yaitu Khaled Al Tuwaijry, mantan Kepala Pengadilan Kerajaan Arab Saudi, dan Pangeran Turki bin Nasser, mantan kepala kepresidenan Badan Meteorologi dan Lingkungan Hidup di Arab Saudi.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters sebelum pembebasannya, Al-Waleed menjelaskan alasan penahanannya dengan mengatakan: “Tidak ada dakwaan. Hanya ada diskusi antara saya dan pemerintah. Saya pastikan bahwa ini merupakan proses yang bersih dan kami hanya berdiskusi dengan pemerintah mengenai beberapa permasalahan yang saya tidak bisa ungkapkan sekarang. Tetapi saya pastikan juga bahwa di akhir cerita, saya merasa sangat lega bahwa saya berada di negara saya dan di kota saya, jadi sayya mereka seperti saya berada di rumah. Sama sekali tidak ada masalah. Semua baik-baik saja”.

Baca: Saudi Bebaskan Dua Pangeran yang Ditahan atas Dugaan Korupsi

Miliader Saudi itu menyangkal telah mengalami penyiksaan di Penjara Al-Ha’ir, “Saya telah melihat berita-berita di BBC dan saluran lain yang mengatakan bahwa Al-Waleed telah dipindah ke tempat lain, ke penjara pusat, dan bahwa dia telah disiksa. Itu semua bohong. Ini sangat disayangkan”.

Al-Waleed bin Talal menyangkal tuduhan apapun terkait korupsi, mengatakan “Banyak yang telah keluar dari sini (Ritz-Carlton, Riyadh) tanpa sama sekali ada dakwaan. Ini sangat jelas bahwa alasan di balik ini adalah partisipasi saya di banyak proyek lokal, regional dan internasional. Saya tidak menyembunyikan apapun. Semuanya sangat baik. Periksa semuanya dan ketika Anda telah selesai, semua akan selesai.”*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !