Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Larry Nassar, Dokter Atlet Amerika yang Mencabuli Sedikitnya 265 Perempuan

Bagikan:

Hidayatullah.com—Jumlah korban kejahatan seksual dokter atlet senam Amerika Serikat Larry Nassar yang berhasil diidentifikasi bertambah manjadi 265 orang, menurut seorang hakim di Michigan.

Sedikitnya 65 korban direncanakan dikonfrontir dengan Nassar, 54, di pengadilan pekan ini dalam tiga sidang vonis terakhir, kata jaksa.

Pekan lalu dia sudah divonis 40-175 tahun penjara, setelah hampir 160 perempuan bersaksi bahwa dokter itu telah mencabuli mereka.

Korban Nassar termasuk di antaranya atlet pemenang emas olimpiade Aly Raisman dan Jordyn Wieber.

Nassar saat ini sedang menjalani hukuman penjara 60 tahun atas kepemilikan gambar-gambar penyiksaan seksual anak.

Dalam persidangan saat ini, pengadilan memproses kasus pencabulan oleh Nassar atas pasien-pasiennya yang terjadi di ruang belakang klub senam Twistars di Dimondale, Michigan.

Bekas dokter Universitas Negeri Michigan (MSU) itu pada bulan November 2017 menyatakan dirinya bersalah atas tiga dakwaan kejahatan seksual tingkat pertama terhadap tiga gadis yang seharusnya mendapatkan perawatan medis darinya. Sedikitnya satu korban berusia kurang dari 13 tahun, dan dua korban pencabulan itu berusia 15 dan 16 tahun.

Seperti dilansir BBC, hari Rabu (31/1/2018) hakim Janice Cunningham di pengadilan Charlotte bekata, “Kami mengetahui ada lebih dari 265 korban teridentifikasi dan jumlah tak terkira di negara bagian ini, di negara ini dan di seluruh dunia.”

“Oleh karena itu, dengan membolehkan live streaming dan tweeting, semua individu dapat berpartisipasi dalam proses persidangan ini,” imbuhnya.

Korban yang pertama berbicara adalah Jessica Thomashow, berusia 17 tahun. “Dia pertama kali mencabuli saya ketika saya berusia sembilan tahun… sebelum saya pakai kawat gigi, dan ketika saya masih bermain dengan boneka-boneka American Girl.”

“Larry Nassar mnggarap kami demi kesenangannya sendiri, menjadikan kami anak-anak perempuan trauma dan hancur,” imbuhnya, seraya menyebut Nassar sebagai “iblis” dan “penjahat terburuk.”

Kakak perempuan Thomashow juga dicabuli Nassar ketika kuliah di MSU.

Kesaksian para korban dijadwalkan akan digelar selama tiga hari.

Dalam sidang vonis kasus ini, diperkirakan hukuman penjara 25 sampai 40 tahun akan ditambahkan pada vonis sebelumnya yang telah diberikan kepada Nassar.

Menyusul terbongkarnya kasus ini, semua pejabat organisasi senam USA Gymnastics mengundurkan diri atas desakan Komite Olimpiade AS.

Kejaksaan Michigan juga melakukan investigasi atas MSU. Rektor dan para pejabat olahraga di perguruan tinggi itu pekan lalu ramai-ramai mengundurkan diri menyusul terungkapnya kasus Nassar, yang juga melakukan pencabulan di lokasi latihan atlet-atlet senam nasional AS di Texas.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Menteri Kesehatan Assam India: Kanker Disebabkan Dosa Orangtua

Menteri Kesehatan Assam India: Kanker Disebabkan Dosa Orangtua

Iran dan Qatar Membahas Wilayah dan Kesepakatan Nuklir dalam Pembicaraan Tingkat Tinggi

Iran dan Qatar Membahas Wilayah dan Kesepakatan Nuklir dalam Pembicaraan Tingkat Tinggi

Anggaran Tak Disetujui, 800.000 Pegawai Pemerintah Amerika Dirumahkan

Anggaran Tak Disetujui, 800.000 Pegawai Pemerintah Amerika Dirumahkan

Karzai: Sikap AS Lebih Mirip Penjajah Daripada Teman

Karzai: Sikap AS Lebih Mirip Penjajah Daripada Teman

China Berterima Kasih Kazakhstan Dukung Program De-radikalisasi Muslim Uighur

China Berterima Kasih Kazakhstan Dukung Program De-radikalisasi Muslim Uighur

Baca Juga

Berita Lainnya