Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Remaja Dilarang Masuk Klinik Kesehatan di Zimbabwe

Bagikan:

Hidayatullah.com–Gadis-gadis muda di Zimbabwe menghadapi risiko kematian saat melahirkan atau tertular penyakit karena undang-undang yang tidak konsisten sehingga menyulitkan remaja untuk mengakses layanan reproduksi seksual-kesehatan, Amnesty International mengatakan dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada hari Kamis lalu.

Dilansir dari Anadolu Agency, badan pengawas hak mengatakan bahwa gadis remaja di bawah usia 16 tahun dilaporkan dilarang mengakses layanan kesehatan seksual di klinik dan merasa malu karena usia mereka.

“Anda tidak bisa pergi ke klinik jika Anda berusia di bawah 16 tahun;¬†mereka akan mengusir Anda dan menghina Anda,” salah satu gadis yang diwawancarai oleh Amnesty International mengatakan dalam laporan tersebut.

Kelompok tersebut mengatakan bahwa melarang gadis-gadis muda mengakses layanan reproduksi kesehatan seksual membuat mereka lebih rentan terhadap kehamilan yang tidak diinginkan dan berisiko tinggi terinfeksi HIV.

Baca: Veteran Perang Kemerdekaan Zimbabwe: Presiden Mugabe Diktator Manipulatif

Amnesty mengatakan juga menemukan bahwa ada panduan terbatas dalam kebijakan kesehatan terkait untuk membantu penyedia layanan kesehatan dalam menentukan apakah atau tidak remaja berusia di bawah 16 tahun memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan kesehatan seksual atau reproduksi tertentu.

Seorang gadis lain juga menjelaskan kepada Amnesty bahwa karena usianya ia tidak pernah mengunjungi klinik kesehatan sebelum ia hamil pada usia 17 tahun.

Baca:  Robert Mugabe Enggan Mundur Meski Ditekan Oposisi dan Gereja

Direktur Regional Amnesty International untuk Afrika Selatan Deprose Muchena mendesak pemerintah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki situasi,

Badan pengawas mengatakan bahwa banyak gadis remaja yang diwawancarai tidak mengetahui bagaimana melindungi diri dari kehamilan yang tidak diinginkan atau penyakit menular seksual.

Di bawah hukum Zimbabwe, usia persetujuan untuk melakukan hubungan seksual adalah 16, dan usia pernikahan adalah 18 tahun.

Kementerian Kesehatan Zimbabwe tidak memberikan komentar atas laporan tersebut.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Twitter Matikan Akun Pegiat Teori Konspirasi David Icke

Twitter Matikan Akun Pegiat Teori Konspirasi David Icke

Tahanan Termuda Guantanamo Pulang ke Kanada

Tahanan Termuda Guantanamo Pulang ke Kanada

Pelajar Muslim Cari Paket Wisata Halal

Pelajar Muslim Cari Paket Wisata Halal

Para Pemimpin Gereja Katolik Filipina Bersumpah Perangi Kelompok Seperti ISIS

Para Pemimpin Gereja Katolik Filipina Bersumpah Perangi Kelompok Seperti ISIS

Bom Habisi 19 Warga Yahudi

Bom Habisi 19 Warga Yahudi

Baca Juga

Berita Lainnya