Kristen Orthodoks Rayakan Natal

Kristen Orthodoks Rayakan Natal

Terkait

Hidayatullah.com—Penganut Kristen Orthodoks, tidak seperti Katolik dan aliran Kristen lainnya, memiliki tradisi perayaan Natal pada 7 Januari, yang kali ini bertepatan dengan hari Ahad pertama tahun 2018. Mereka berbondong-bondong mendatangi gereja pada Malam Natal, ketika perayaan biasanya dimulai tengah malam.

Perbedaan hampir 2 pekan antara Orthodoks dan Katolik dalam perayaan Natal disebabkan mereka menggunakan kalender berbeda. Gereja Orthodoks mengikuti Kalender Julian, yang 13 hari di belakang Kelender Gregorian –yang diperkenalkan Gereja Katolik Roma pada tahun 1582.

Libur Natal bagi penganut Kristen Orthodoks dimulai dengan 40 hari puasa, di mana orang biasanya menghindari jenis makanan tertentu seperti daging dan produk susu. Puasa berakhir dengan tanda munculnya bintang pertama pada Malam Natal, yang diyakini sebagai simbol kelahiran Yesus.

Tradisi perayaan Natal Kristen Orthodoks berbeda-beda di setiap negara.

Di Bulgaria, Yunani dan Turki, para penganut Kristen Orthodoks biasanya berendam di air dingin (sungai, danau atau laut) pada tanggal 6 Januari sebagai bagian dari perayaan Epifani, yaitu perayaan penampakan wujud “tuhan” dalam sosok Yesus Kristus.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !