Ulama Hadits Syeikh Mustafa al A’zami Wafat di Riyadh

Arab Saudi memberi penghargaan bergengsi kepada Syeikh A’zami berupa King Faisal Award atas karya-karyanya dalam  literatur hadits

Ulama Hadits Syeikh Mustafa al A’zami Wafat di Riyadh
Najeeb Qasmi
Muhammad Mustafa Al-A‘zami (Tengah)

Terkait

Hidayatullah.com–Ulama hadits terkenal, pendidik dan tokoh masyarakat Syekh Prof Dr Muhammad Mustafa  Al-A‘zami  yang mengajar di dua universitas terkemuka di Arab Saudi wafat di Riyadh pada Rabu pagi hari. Demikian laporan Saudi Gazette, Kamis (21/12/2017).

Beliau dimakamkan setelah shalat Janazah di masjid Al-Rajhi di Riyadh usai shalat Dzuhur.

Berasal dari Mau, Uttar Pradesh di India, Syeikh Mustafa A’zmi (87 tahun) adalah alumnus Ma’had A’ly Darul Ulum Deoband di India.

Baca: Syeikh Mahfuzh at Tremasi Dinilai sebagai Ulama Hadits Pertama di Nusantara

Beliau kemudian belajar di Universitas Al-Azhar  di Kairo. Memperoleh gelar PhD dengan disertasi berjudul “Studies in the Early Hadith Literature” dari Cambridge University pada tahun 1964.

Pada tahun 1968, beliau diangkat sebagai associate professor di Universitas Ummul Qura di Makkah. Pada tahun 1973, beliau pindah ke Universitas King Saud sebagai profesor ilmu Hadits. Beliau tetap di posisi tersebut sampai pensiun pada tahun 1991.

Baca: Inilah 10 Kitab Syarh Hadits Ulama Al Azhar

Syeikh A’zami mengawasi banyak proyek penelitian hadits dari berbagai aspek yang  dilakukan oleh para mahasiswa Universitas Ummul Qura dan Universitas King Saud. Beliau juga menjabat sebagai anggota dari banyak lembaga pendidikan dan penelitian di Arab Saudi.

Selain memegang berbagai jabatan akademik di dalam negeri dan luar negeri, Syeikh A’zami juga sebagai dosen tamu di berbagai universitas di Barat, di antaranya Universitas Michigan, Colorado, Princeton dan Wales.

Pada tahun 1980, pemerintah Arab Saudi memberi penghargaan bergengsi kepada Syeikh A’zami berupa King Faisal Award atas karya-karyanya dalam  literatur hadits.*/Abd Mustofa

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !