Sabtu, 27 November 2021 / 22 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Publik Jerman: Rusia Lebih Dapat Diandalkan Dibanding Amerika Serikat

Bagikan:

Hidayatullah.com—Publik Jerman semakin banyak yang melihat Rusia lebih dapat diandalkan sebagai mitra dibanding Amerika Serikat, menurut sebuah studi baru yang dirilis hari Sabtu (9/12/2017).

Jajak pendapat 1.004 orang oleh lembaga riset Infratest dimap menunjukkan bahwa 28 persen responden merasa Moskow merupakan mitra yang lebih dapat diandalkan, bandingkan dengan 25 persen yang memilih Washington, lapor Deutsche Welle.

Ini untuk pertama kalinya kepercayaan publik Jerman terhadap Amerika Serikat jatuh di bawah Rusia dalam kurun lebih dari satu dekade terakhir. Survei kepercayaan publik oleh Infratest bulan Juni lalu menunjukkan Rusia dan Amerika Serikat sama-sama mendapatkan 21 persen.

Di mata publik Jerman, Prancis dan Inggris mendapatkan nilai yang jauh lebih tinggi. Lebih dari 90 persen responden mengatakan Paris merupakan mitra yang dapat diandalkan, sementara yang mengatakan Inggris bisa diandalkan mencapai 60 persen, meskipun kerajaan itu berusaha keluar dari Uni Eropa.

Hasil jajak pendapat di atas sejalan dengan jajak pendapat bulan Agustus lalu oleh Pew Research Center, yang meminta pendapat publik soal para pemimpin dunia.

Studi Pew tersebut menunjukkan, 25 persen publik Jerman menaruh kepercayaan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, sementara orang Jerman yang percaya kepada Presiden AS Donald Trump hanya 11 persen.

Tidak hanya itu, dalam studi sebelumnya tentang produk-produk bermerk asal Amerika, Pew mendapati bahwa sejak Trump terpilih sebagai presiden AS bulan November 2106, kesukaan publik Jerman sudah menurun. Ketika Barack Obama mengakhiri masa jabatannya, 60 persen publik Jerman masih menaruh kepercayaan terhadap AS, tetapi angka itu turun 35 persen di awal masa jabatan Trump.

Penurunan kepercayaan publik Jerman terhadap Amerika Serikat itu mencerminkan apa yang terjadi di seluruh dunia pada umumnya. “Sikapnya mengalami perubahan drastis menjadi lebih buruk, khususnya di Eropa Barat dan Amerika Latin,” kata pembuat survei itu.

Pew mencatat, kesukaan publik terhadap Amerika Serikat tampak meningkat dramatis hanya di satu negara, yaitu Rusia.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Takut Kelaparan Seorang Pensiunan Yunani Bunuh Diri

Takut Kelaparan Seorang Pensiunan Yunani Bunuh Diri

Pria New York Minta Hak Pakai Rok

Pria New York Minta Hak Pakai Rok

Edward Snowden Dapat Suaka dari Rusia

Edward Snowden Dapat Suaka dari Rusia

Ogah Wajib Militer Yahudi Ultra-Orthodoks Bentrok dengan Polisi

Ogah Wajib Militer Yahudi Ultra-Orthodoks Bentrok dengan Polisi

Malaysia Ingin Banyak Penghafal Al-Quran Agar Negaranya Lahir Pemimpin Lebih Baik

Malaysia Ingin Banyak Penghafal Al-Quran Agar Negaranya Lahir Pemimpin Lebih Baik

Baca Juga

Berita Lainnya