Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Turki Luncurkan Perusahaan Patungan untuk Produksi Mobil Pribumi Pertama

aa
Bagikan:

Hidayatullah.com–Turki pada hari Kamis (02/11/2017) meluncurkan perusahaan patungan yang akan memproduksi mobil nasional pertama di negara itu. Demikian laporan Anadolu Agency pada hari yang sama.

Presiden Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Binali Yildirim, dan Menteri Sains, Industri dan Teknologi Faruk Ozlu menghadiri acara peluncuran perusahaan patungan tersebut di istana presiden.

Erdogan mengumumkan bahwa lima perusahaan domestik pemasok otomotif – Anadolu Group, BMC, Kiraca Holding, Turkcell, dan Zourlu Holding- bersama-sama akan memproduksi mobil dalam negeri pertama di Turki.

Erdogan menyatakan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan tersebut dan berjanji akan memberikan “dukungan penuh” terhadap perusahaan patungan itu.

“Saya akan mengikuti perkembangannya dengan seksama,” tambahnya.

Baca: Turki Luncurkan Ensiklopedi Islam

Inisiatif itu muncul setelah ajakan Erdogan yang berulangkali  untuk membuat proyek mobil bersama antara Union of Chambers and Commodity Exchanges (TOBB/Serikat Kamar Dagang dan Bursa Komoditi) Turki dan Kementerian Sains, Industri dan Teknologi.

Erdogan mengatakan dia berharap prototipe mobil pertama produksi dalam negeri itu tersedia pada tahun 2019 dan penjualannya mulai tahun 2021.

“Saya ingin memiliki mobil yang pertama, dan tentu saja saya akan membayarnya,” katanya.

“Seharusnya tak ada satupun orang yang ragu. Kita akan memproduksi mobil Turki dengan desain  dan teknologi terbaik, baik untuk negara kita maupun untuk dunia.”

Baca: PPI Turki Luncurkan Radio dan Majalah Pelajar

Erdogan mengatakan Turki merasa malu ketinggalan di bidang manufaktur mobil dalam negeri, dan dia mencatat bahwa lebih dari 750.000 buah mobil dijual di negara itu tahun lalu.

Langkah bersejarah

“Hari ini, kita mengambil langkah bersejarah untuk menyingkirkan rasa malu ini,” tambahnya.

Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim mengatakan proyek itu “akan menambah kesuksesan baru dalam daftar kesuksesan dan prestasi Turki yang terus menerus”.

Sementara itu, presiden TOBB Rifat Hisarciklioglu  mengatakan lima perusahaan konsorsium itu memiliki 110.000 ribu karyawan dan produksi mereka tahun lalu mendekati 65 juta lira Turki

Baca: Turki Uji Coba Rudal Balistik Buatan Dalam Negeri

“Kami akan bekerja sangat keras selama 3-4 bulan. Kami akan menganalisis teknologi dan peluang pendanaan alternatif,” katanya.

“Kami akan memproyeksikan dukungan negara kami untuk proyek bersama ini dengan kementerian yang terkait sesuai dengan instruksi presiden dan kami akan mendirikan perusahaan patungan tersebut di bulan pertama 2018,” tambahnya.

Turki telah berusaha memproduksi mobil nasional pertama pada tahun 1961, yang diberinama Devrim (Revolusi), tapi tidak sukses. Produksi  mobil Devrim dihentikan setelah keluar prototipe pertama.*/Abd Mustofa

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Opioid Sintetis Masalah Besar Bagi Eropa

Opioid Sintetis Masalah Besar Bagi Eropa

Empat Negara Arab Siap Dialog dengan Qatar ‘Dengan Syarat’

Empat Negara Arab Siap Dialog dengan Qatar ‘Dengan Syarat’

Afghanistan akan Bebaskan Anggota Taliban dari Bagram

Afghanistan akan Bebaskan Anggota Taliban dari Bagram

Rakyat Taiwan Menolak Legalisasi Perkawinan Homoseksual

Rakyat Taiwan Menolak Legalisasi Perkawinan Homoseksual

Ledakan di Xinjiang Cederai 17 orang

Ledakan di Xinjiang Cederai 17 orang

Baca Juga

Berita Lainnya