Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Jadi Bapak 3 Anak, Pangeran William Bilang Jumlah Manusia Terlalu Banyak

Bagikan:

Hidayatullah.com—Pangeran William, pewaris tahta Kerajaan Inggris urutan kedua, mengatakan bahwa jumlah populasi manusia yang terlalu banyak mengancam kehidupan satwa.

Berbicara di sebuah acara gala di London, Duke of Cambridge mengatakan pertumbuhan jumlah penduduk yang pesat memberikan “tekanan besar” terhadap spesies binatang. Sebagai pengayom kerajaan untuk Tusk Trust –organisasi nirlaba untuk perlindungan satwa liar di Afrika, dalam jamuan makan malam hari Kamis (2/11/2017) di London, pangeran Inggris itu mengatakan perlu segera ada strategi untuk memungkinkan manusia dan hewan berbagi lingkungan hidup.

Pernyataan William itu dikemukakan menyusul pernyataan para pakar yang memprediksi populasi Inggris membengkak menjadi 70 juta pada 2029.

“Sepanjang hidup saya, kita telah melihat populasi alam liar global menurun lebih dari setengah,” kata William seperti dikutip RT.

“Kita harus bekerja lebih keras, dan berpikir lebih dalam, jika kita ingin memastikan bahwa umat manusia dan spesies-spesies hewan lain –yang bersama kita menghuni planet ini– bisa terus hidup berdampingan,” imbuh William.

“Populasi manusia di Afrika yang tumbuh pesat diperkirakan akan berlipat ganda pada 2050 –sebuah pertambahan mengejutkan 3,5 juta perbulan. Tidak diragukan lagi bahwa pertambahan ini akan menempatkan kehidupan alam liar dan habitat di bawah tekanan yang sangat besar. Urbanisasi, pembangunan infrastruktur, perkebunan besar, yang semua itu pada dasarnya baik, tetapi akan memberikan dampak buruk, kecuali jika kita mulai membuat rencana dan mengambil tindakan sejak saat ini.”

Pangeran berusia 35 tahun itu lebih lanjut mengatakan, penggunaan lahan untuk peternakan secara berlebihan dan suplai air yang buruk akan menimbulkan “bencana besar” bagi spesies hewan, jika tindakan baru untuk mengatasi tantangan yang ada gagal diimplementasikan.

Pangeran William kemudian menyuarakan usulan kakeknya –Duke of Edinburgh, Pangeran Philip suami Ratu Elizabeth II– yang pada tahun 2011 menyarankan kebijakan “pembatasan keluarga secara sukarela” guna mencegah kelebihan populasi manusia, yang disebutnya sebagai tantangan terbesar dalam konservasi alam.

Menikah dengan gadis dari kalangan biasa Catherine Middleton pada tahun 2011, Pangeran William kini sudah memiliki seorang putra yang berusia 4 tahun dan putri berusia 2 tahun. Anak ketiganya diperkirakan akan lahir pada bulan April 2018.

Menurut laporan koran Inggris The Sun awal September lalu, keluarga kerajaan sangat bersuka cita dengan kabar kehamilan anak ketiga pasangan itu.

Dalam pengumuman hari Minggu (3/9/2017) Istana Kensington mengatakan, “Ratu dan anggota kedua keluarga sangat gembira dengan kabar ini. Ayah William, Pangeran Charles, dan istri keduanya Camilla, serta adiknya Pangeran Harry, juga menyatakan kegembiraannya.

Belum jelas berapa banyak anak yang akan dilahirkan istri Pangeran William nantinya, yang pastinya berarti menambah jumlah populasi manusia.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

1700 Pasukan AS Lari Dari Tugas

1700 Pasukan AS Lari Dari Tugas

Pelajar Dapchi yang Diculik Dibebaskan di Nigeria

Pelajar Dapchi yang Diculik Dibebaskan di Nigeria

UEA Tidak Tepati Janji Bantu Keuangan Mesir

UEA Tidak Tepati Janji Bantu Keuangan Mesir

China Ajak Kader Komunis Kampanye Anti Produk Halal

China Ajak Kader Komunis Kampanye Anti Produk Halal

Ikhwan Tak Akan Paksakan Hukum Islam di Mesir

Ikhwan Tak Akan Paksakan Hukum Islam di Mesir

Baca Juga

Berita Lainnya