Dompet Dakwah Media

Bank Pembangunan Islam Bantu Tujuh Negara Afrika dan Amerika Latin

Bank Pembangunan Islam Bantu Tujuh Negara Afrika dan Amerika Latin

Terkait

Hidayatullah.com—Islamic Development Bank (IDB) telah menandatangani kesepakatan bernilai $804 juta dengan tujuh negara Afrika dan Amerika Latin guna membantu mendorong pertumbuhan perekonomian mereka.

Kesepakatan itu, yang disetujui di sela-sela rapat tahunan World Bank Group dan International Monetary Fund (IMF) di Washington, mencakup proyek pembangunan infrastruktur bidang energi, perumahan, pertanian dan penyediaan air bersih.

Bandar Hajjar, pimpinan IDB Group, menandatangani kesepakatan itu dengan menteri-menteri keuangan dari Burkina Faso, Pantai Gading, Senegal, Mali, Guinea, Tunisia dan Suriname di Washington, lapor Arab News Rabu (18/10/2017).

Proyek yang disetujui antara lain Cocody Bay dan pelatihan kerja bernilai $265 juta di Pantai Gading, pembangkit listrik Sirakoro di Mali bernilai $166 juta, serta proyek perumahanan Promoville di Senegal bernilai $138 juta.

Proyek lain yang juga akan didanai Bank Pembangunan Islam itu adalah penyediaan air bersih bernilai $16 juta di Guinea, pembangkit listrik bernilai $104 juta di Burkina Faso, subsidi pertanian bernilai $80 juta di Tunisia, serta proyek rumah murah di Suriname dengan dana $35 juta.

“Proyek-proyek ini akan membantu mengatasi tantangan pembangunan yang dihadapi oleh negara-negara anggota, dan akan memberikan kontribusi signifikan dalam penciptaan lapangan kerja dan penciptaan lingkungan yang layak bagi pertumbuhan sektor publik dan swasta,” kata Hajjar.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !