Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

AS-Turki Saling Tangguhkan Visa

Bagikan:

Hidayatullah.com–Ketegangan antara Turki-Amerika terus meningkat karena Turki memberlakukan larangan pemberian visa bagi sebagian besar warga Amerika, sebagai balasan atas tindakan serupa oleh Amerika.

Perselisihan dengan saling balas itu berdampak pada pasar keuangan Turki, karena kekhawatiran akan dampaknya dalam jangka panjang.

“Belum pernah terjadi, bahkan pada saat-saat terburuk dalam hubungan antara kedua negara. Hal ini terlihat sangat serius,” kata pakar politik, Cengiz Aktar.

Baca: Preside Turki Berkunjung ke Amerika

Pekan lalu, seorang pegawai konsulat Amerika Serikat di Istanbul ditangkap dengan tuduhan punya keterkaitan dengan seorang tokoh yang disalahkan atas percobaan kudeta yang gagal tahun lalu, sebuah tindakan yang dicela Washington tidak berdasar dan merusak hubungan di antara sekutu NATO itu.

“Peristiwa baru-baru telah memaksa pemerintah Amerika Serikat menilai kembali komitmen pemerintah Turki terhadap keamanan misi dan personel AS,” menurut pernyataan perwakilan AS di Ankara dikutip Antaranews dari Reuters.

“Guna meminimalkan jumlah pengunjung ke kedutaan dan konsulat sementara penilaian ini berjalan, kami segera menangguhkan semua layanan visa non-imigran di semua fasilitas diplomatik AS di Turki,” menurut pernyataan misi AS yang dikutip kantor berita Reuters.

Kedutaan Turki di Washington mengikuti langkah perwakilan AS, dan membuat pernyataan yang hampir sama.

Baca: Erdogan Meresmikan Masjid Agung Pertama di Amerika .

Kantor berita pemerintah Turki Anadolu Agency, mengidentifikasi pegawai konsulat itu pria warga Turki dan mengatakan bahwa yang bersangkutan ditangkap pada Rabu dengan tuduhan spionase dan upaya untuk merusak perintah konstitusional dan pemerintah Turki.

Ketegangan AS-Turki meningkat setelah militer AS mendukung pemberontak YPG Kurdi di Suriah, yang dianggap Ankara sebagai perpanjangan tangan dari PKK, yang sudah dianggap sebagai kelompok teroris yang telah melakukan pemberontakan tiga dasawarsa di Turki tenggara.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mantan Wapres AS Dick Cheney: Interogator CIA Pahlawan bukan Penyiksa

Mantan Wapres AS Dick Cheney: Interogator CIA Pahlawan bukan Penyiksa

Bayi Usia 2 Hari Wafat di Afsel Akibat Covid-19

Bayi Usia 2 Hari Wafat di Afsel Akibat Covid-19

duta-besar-italia-tewas

Duta Besar Italia untuk Kongo Tewas dalam Serangan terhadap Konvoi PBB

Dewan Nasional Muslim Kanada Kecam Peraturan Larangan Niqab

Dewan Nasional Muslim Kanada Kecam Peraturan Larangan Niqab

Rusia Dikabarkan Bunuh Mujahidin Chechnya

Rusia Dikabarkan Bunuh Mujahidin Chechnya

Baca Juga

Berita Lainnya