Amerika Tak Akui Referendum Kemerdekaan Kurdi di Iraq Utara

Washington sebelumnya telah memperingatkan bahwa pemungutan suara di wilayah otonom Kurdi di Iraq utara dan beberapa daerah bersengketa akan "meningkatkan ketidakstabilan

Amerika Tak Akui Referendum Kemerdekaan Kurdi di Iraq Utara
AFP
Rakyat Kurdi di Iraq Utara merayakan kemenangan pasca referendum

Terkait

Hidayatullah.com–Amerika Serikat “tidak mengakui” referendum kemerdekaan “sepihak” Kurdi Irak dan meminta semua pihak tidak menggunakan kekerasan dan melakukan dialog, kata Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, Jumat (29/09/2017) kemarin.

“Amerika Serikat tidak mengakui referendum sepihak Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) yang diadakan pada Senin,” kata dia dalam sebuah pernyataan.

“Pemilihan dan hasil tersebut tidak sah dan kami akan terus mendukung Irak yang bersatu, federal, demokratis dan sejahtera. Amerika Serikat meminta semua pihak, termasuk para tetangga Irak, tidak melakukan tindakan sepihak dan tidak menggunakan kekerasan,” imbuhnya.

Baca: Erdogan Ancam Beri Sanksi Ekonomi Menyeluruh pada Kurdi Iraq

Tillerson mengatakan Washington “cemas dengan kemungkinan dampak negatif dari langkah sepihak ini.”

“Kami mendesak pihak berwenang Kurdi Iraqk untuk menghormati peran pemerintah pusat yang diamanatkan secara konstitusional dan kami menyerukan pemerintah pusat untuk tidak menebarkan ancaman atau bahkan mengisyaratkan kemungkinan penggunaan kekuatan,” kata Tillerson, mendesak semua pihak untuk tetap fokus pada perang melawan kelompok ISIS.

Baca: Referendum Kurdi Merdeka dan Perpecahan Politik

Washington sebelumnya telah memperingatkan bahwa pemungutan suara di wilayah otonom Kurdi di Iraq utara dan beberapa daerah bersengketa akan “meningkatkan ketidakstabilan”, demikian seperti dikutip antaranews dari AFP.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !