Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Arab Saudi Sukses Cegat Rudal Pemberontak Syiah Al Houthi

AFP
Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebuah rudal pemberontak Syiah al Houthi Yaman yang mengarah ke Arab Saudi berhasil dicegat pada Sabtu malam, kata koalisi militer Arab, di tengah perayaan nasional yang menandai berdirinya negara kerajaan tersebut.

Rudal balistik itu menarget Khamis Mushait, yang menjadi pangkalan utama koalisi pimpinan Arab Saudi untuk operasi mereka di Yaman, menurut kantor berita negara Saudi Press Agency (SPA) dikutip Antaranews.

Rudal tersebut dapat dicegah tanpa korban jiwa atau kerusakan, sambung kantor berita itu.

“Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi mengetahui peluncuran rudal balistik dari dalam wilayah Yaman. Pasukan koalisi kemudian menargetkan lokasi peluncuran itu,” kata SPA.

Baca: Waspadai Serangan Milisi Syiah al Houthi ke Makkah

Serangan itu terjadi saat Arab Saudi merayakan hari nasionalnya di penjuru negara kerajaan tersebut dengan menampilkan konser, tarian rakyat dan kembang api.

Serangan rudal balistik terjadi beberapa kali, serta tembakan roket jarak pendek yang lebih sering di perbatasan selatan, telah terjadi sejak beberapa waktu lalu setelah serangan koalisi menyerang pemberontak di Yaman.

Pekan lalu, kepala pemberontak mengancam akan menembakkan rudal ke Uni Emirat Arab dan menyerang kapal tanker Arab Saudi di Laut Merah, demikian AFP.

Baca: Usaha Pemberontak Syiah Houthi Serang Makkah

Sebelumnya,  milisi Syiah Yaman, Al-Houthi, hari Sabtu (23/09/2017), menyatakan, mereka menembakkan satu rudal balistik ke arah pangkalan militer di satu kota perbatasan Arab Saudi.

Peluru kendali itu ditujukan ke Pangkalan Udara Raja Khaled, di Khamis Mushait, di Provinsi Asir, bagian barat-daya Arab Saudi, kata Al-Houthi di dalam satu pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita yang dikuasai milisi Syiah itu, Kantor Berita Saba.

Pemberontak Syiah Al-Houthi telah mengincar kota besar di perbatasan Arab Saudi sejak awal perang di Yaman. Beberapa kali percobaan serangan terhadap Kota Suci Makkah berhasil digagalkan.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Militer Inggris Jadikan Masjid Sasaran Tembak

Militer Inggris Jadikan Masjid Sasaran Tembak

Kelompok Pemuda Menyerang Masjid di Afrika Tengah

Kelompok Pemuda Menyerang Masjid di Afrika Tengah

Sejumlah Pembantu Presiden Karzai Informan CIA

Sejumlah Pembantu Presiden Karzai Informan CIA

Tel Aviv Pesimis Bebaskan Gilad Shalit

Tel Aviv Pesimis Bebaskan Gilad Shalit

Tiga Kandidat Presiden Turki yang akan Dipilih Langsung Rakyat

Tiga Kandidat Presiden Turki yang akan Dipilih Langsung Rakyat

Baca Juga

Berita Lainnya