Dompet Dakwah Media

Trump: Gereja Harus Dapat Uang Pengganti dari Pemerintah untuk Bantuan Korban Badai

Kicauan Trump di media sosial itu menyusul gugatan hukum yang diajukan oleh tiga gereja di Texas dalam rangka mendapatkan bantuan federal untuk memperbaiki kerusakan struktur bangunan gereja.

Trump: Gereja Harus Dapat Uang Pengganti dari Pemerintah untuk Bantuan Korban Badai

Terkait

Hidayatullah.com—Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari Jumat (8/9/2017) mengatakan bahwa gereja-gereja di Texas harus mendapatkan uang dari Federal Emergency Management Agency (FEMA) untuk membantu korban Badai Harvey.

“Gereja-gereja di Texas harus diberikan uang pengganti dari FEMA Relief Funds untuk membantu korban Badai Harvey (sama seperti lainnya),” kata Trump lewat akunnya di Twitter seperti dilansir Reuters.

Kicauan Trump di media sosial itu menyusul gugatan hukum yang diajukan oleh tiga gereja di Texas dalam rangka mendapatkan bantuan federal untuk memperbaiki kerusakan struktur bangunan gereja mereka akibat Badai Harvey. Tidak jelas apakah ketiga gereja itu pernah memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat korban badai sehingga layak mendapatkan uang pengganti.

Dalam gugatan yang dilayangkan hari Senin lalu ke pengadilan federal di Houston, gereja-gereja Texas itu mengatakan mereka ingin mengajukan permohonan bantuan dana untuk memperbaiki gereja, tetapi hal itu akan “sia-sia” sebab program bantuan publik FEMA “secara mentah-mentah” mengecualikan klaim mereka, melanggar hak konstitusional mereka untuk bisa melaksanakan ajaran agama secara bebas.

Mereka mengatakan bahwa larangan FEMA soal pemberian dana bantuan untuk kepentingan bangunan yang minimal setengahnya dipakai untuk kegiatan keagamaan bertentangan dengan keputusan terbaru Mahkamah Agung AS. Lembaga peradilan tertinggi di AS itu telah memberikan putusan yang memudahkan organisasi-organisasi keagamaan untuk mendapatkan bantuan dari dana publik (negara).

Becket, sebuah organisasi nirlaba pembela hak kebebasan beragama yang juga mewakili gereja-gereja itu, mengatakan prinsip yang sama seharusnya diterapkan oleh FEMA untuk gereja korban Badai Harvey.

“Pada prinsipnya pemerintah tidak bisa mendiskriminasi berdasarkan status keagamaan, dan itulah yang tanpa ampun dilakukan oleh FEMA dalam masalah ini,” kata Daniel Blomberg, seorang pengacara untuk Becket, dalam wawancara telepon dengan Reuters.

Seorang juru bicara FEMA lewat email mengatakan tidak tepat untuk membicarakan masalah tersebut sementara proses litigasinya masih berjalan.

Gereja-gereja di Texas yang mengajukan gugatan hukum itu adalah Rockpot First Assembly of God yang terletak di Rockpot dan kehilangan atap serta mengalami kerusakan struktur pada bangunan gerejanya, serta Harvest Family Church di Cypress dan Hi-Way Tabernacle di Cleveland yang kebanjiran.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !