Calexit, Warga California Kembali Serukan Keluar dari Amerika Serikat

Rakyat California harus diperbolehkan untuk membuat keputusan sendiri perihal berbagai macam isu.

Calexit, Warga California Kembali Serukan Keluar dari Amerika Serikat

Terkait

Hidayatullah.com—Sekelompok warga California kembali mengajukan usulan untuk memisahkan diri dari Amerika Serikat sebagai negara merdeka.

Usulan “Calexit” itu diajukan pada hari Kamis (17/8/2017) oleh segelintir kelompok politik yang menyerukan konvensi konstitusional untuk mengubah salah satu dasar negara yang dianggap tidak lagi sesuai dengan tujuan sejati eksistensi “Golden State” tersebut.

“Hubungan sekarang ini antara pemerintah federal Amerika Serikat dan California mencegah California, dan negara-negara bagian lain, mengambil alih masa depan mereka dan hal tersebut harus diubah,” demikian bunyi usulan itu seperti dilansir AFP.

Para pendukung inisiatif tersebut berharap, seperti dua usulan sebelumnya yang mereka ajukan tahun ini, masalah ini akan diputuskan lewat pemungutan suara tahun 2018.

Usulan terbaru itu, yang diberi judul “California Calls for a Constitutional Convention,” harus mendapatkan dukungan dari lembaga legislatif setempat sebelum dinaikkan ke Kongres AS.

Beberapa kali upaya serupa sebelumnya rontok di tengah jalan.

“Dunia sudah berubah drastis sejak 1787,” bunyi inisiatif itu, dan karenanya rakyat California harus diperbolehkan untuk membuat keputusan sendiri perihal berbagai macam isu, mulai dari imigrasi hingga lingkungan, tanpa intervensi dari pemerintah federal.

Dengan jumlah penghuni 40 juta jiwa, negara bagian Demokrat California merupakan wilayah di Amerika Serikat yang paling banyak penduduknya. California merupakan wilayah dengan kekuatan ekonomi terbesar keenam di dunia, bukan se-Amerika Serikat.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !