Rabu, 7 Juli 2021 / 27 Zulqa'dah 1442 H

Internasional

OKI Adakan Pertemuan Darurat di Istanbul Bahas Krisis Palestina

Bagikan:

Hidayatullah.com–Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan mengadakan pertemuan darurat di Istanbul, Turki hari Selasa ini untuk membahas isu Israel-Palestina, lapor kantor berita China Xinhua.

Menteri Luar Negeri Negara-Negara Anggota OKI akan membahas isu serta langkah untuk mendukung umat Islam di Palestina dalam upaya memelihara identitas dan kesucian Islam termasuk di Masjid Al Aqsha, kutip kantor berita Arab Saudi (SPA).

Pertemuan diadakan menindaklanjuti tindakan rezim penjajah Israel baru-baru ini, yang melarang umat Islam masuk ke Masjid a Aqsha.

Baca:  Pemuda Muhammadiyah Surati PBB dan OKI agar Tindak Tegas Penjajah

Selain itu, pertemuan bertujuan mengirim “pesan bersatu” dari Dunia Islam kepada komunitas internasional sebagai desakan menuntut penjajah Israel menghormati resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Konvensi Jenewa dan semua resolusi terkait Palestina dan Masjid Al Aqsha.

Sebelumnya, hari Senin, OKI telah mengadakan pertemuan darurat wakil tetap negara-negara anggota OKI manaka pada 20 Juli konferensi internasional di Baku, Azerbaijan bersama dengan Komite PBB untuk membahas masalah sama.

Baca: Komnas HAM Setuju Presiden Jokowi Kirim TNI ke Palestina

Masalah Palestina kembali menjadi perhatian dunia saat meletus aksi heroik perlawanan pemuda-pemuda Palestina pada 14 Juli 2017 yang menewaskan dua polisi Israel yang membuat penjajah melakukan langkah menutup di kompleks Masjid Al-Aqsha dan menempatkan detektor logam.

Setelah tekanan internasional, penjajah Israel akhirnya membuka kembali alat kontrol keamanan namun kembali memberlakukan larangan pria memasuki Masjid al Aqsha, kecuali pria di bawah umur 50.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

PM Malaysia Bersedih Musibah Terbakarnya Tahfidz    Darul Quran Ittifaqiah Center

PM Malaysia Bersedih Musibah Terbakarnya Tahfidz Darul Quran Ittifaqiah Center

Perdana Menteri Prancis Ikut Larang Burkini,  10 Wanita Muslim Ditahan

Perdana Menteri Prancis Ikut Larang Burkini, 10 Wanita Muslim Ditahan

Dituduh Propaganda Anti-Pemerintah Iran, Wartawati Dibui dan Dicambuk

Dituduh Propaganda Anti-Pemerintah Iran, Wartawati Dibui dan Dicambuk

Qatar Beli Saham Shell

Qatar Beli Saham Shell

Israel Kembali Bangun Permukiman Baru di Al-Quds

Israel Kembali Bangun Permukiman Baru di Al-Quds

Baca Juga

Berita Lainnya