Raja Maroko Ampuni Lebih 1000 Demonstran

Lebih 1.178 tahanan yang tidak pernah terlibat kriminal atau melakukan kesalahan serius telah diampuni

Raja Maroko Ampuni Lebih 1000 Demonstran
AP Foto
Raja Maroko Muhammad VI ampuni 1.178 tahanan yang tidak pernah terlibat aksi demo

Terkait

Hidayatullah.com–Raja Maroko, Raja Mohammed VI berkenan mengampuni 1.178 pengunjuk rasa dalam kesempatan ulang tahun negara dengan sistem monarki konstitusional ini.

Semua yang terlibat ditahan karena terlibat dalam sebuah demonstrasi di utara wilayah Rif dan di kota  pelabuhan utara Al Hoceima dan sekitarnya, kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan, yang diterbitkan sesaat sebelum Raja Mohammed berpidato di televisi untuk memperingati 18 tahun berkuasa.

Menurut Departemen Kehakiman, pernyataan itu diumumkan sebelum Raja Mohammed VI ketika berpidato secara langsung di televisi.

Baca: Kematian Tragis Penjual Ikan, Cetus Demonstrasi Besar di Maroko

Kata kementerian, pengampunan diberikan setelah memperhitungkan faktor keluarga dan perikemanusiaan.

Sebelumnya, Rif, wilayah Berber yang didominasi tempat Al Hoceime berada, telah dilanda kerusuhan selama berbulan-bulan.

Baca: Maroko Ingin Bergabung Lagi dengan Uni Afrika

Unjuk rasa meletus bulan Oktober lalu setelah seorang penjual ikan tewas ditabrak truk sampah saat dia mencoba mengambil ikan todak yang disita karena ditangkap di luar musim.

Tuntutan keadilan kemudian beralih ke gerakan sosial yang lebih luas bernama Al Hirak al Shaabi, yang menyerukan lapangan pekerjaan, pembangunan dan penghentian korupsi, kutip AFP.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !