frontpage hit counter

Dihadiri Ribuan, Al-Azhar Hidupkan Malam Nisfu Sya’ban dengan Periwayatan Hadits

Dihadiri Ribuan, Al-Azhar Hidupkan Malam Nisfu Sya’ban dengan Periwayatan Hadits

Terkait

Hidayatullah.com–Kamis (11/5 /2017) yang bertepatan dengan 15 Sya’ban 1438 H Masjid Al-Azhar Kairo kembali mengadakan pembacaan dan periwayatan hadits Imam Bukhari.

Acara ini di hadiri oleh para muhaddits Al Azhar, antara lain Syeikh Ahmad Ma’bid Abdul Karim selaku pengajar Hadits Al-Azhar, Syeikh Sa’ad Jawisy ulama Hadits Al-Azhar, serta Syeikh Muhammad Muhanna ulama senior penanggung jawab Ruwaq Al-Azhar.

Meski diselenggarakan bertepatan dengan waktu menjelang ujian, sekitar 8000 penuntut ilmu dari penjuru negeri telah memenuhi masjid Al-Azhar untuk hadir di acara tersebut.

Dalam acara tersebut dibaca dan diijazahkan hadits-hadits periwayatan Imam Buhory dalam karyanya yang berjudul Birrul Walidain dan Fadhail Sya’ban karya Al Hafidz Ibnu Asakir serta hadits-hadits berkenaan dengan keutamaan bulan Sya’ban dari Kutub As Sittah.

Dalam pembukaan acara tersebut, pembawa acara menekankan akan pentingnya sanad periwayatan. “Kalaulah bukan karena sanad, tentu siapapun orangnya akan mengatakan apapun yang ia inginkan”, kata dia. Dan setelah pembacaan hadits-hadits tersebut, para ulama memberikan ijazah periwayatan kepada seluruh hadirin.*Dzulfikar Hafidzul Haq/Kairo

Rep: Sholah Salim

Editor: Thoriq

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !