Perkampungan Khusus untuk Anak-Anak Yatim Suriah

Pusat Anak-Anak Yatim menampung 990 orang, dibangun di area seluas 100 ekar di Reyhanli, Hatay, Suriah

Perkampungan Khusus untuk Anak-Anak Yatim Suriah
DailySabah

Terkait

Hidayatullah.com – Sebuah perkampungan baru yang bakal menempatkan sekitar 1.000 anak-anak yatim Suriah akan dibuka oleh tim bantuan kemanusiaan Turki di selatan negara itu pada 19 Mei, lapor kantor berita Turki Anadolu Agency (AA).

Desa itu akan menempatkan sebuah Pusat Anak-Anak yang berupaya menampung sebanyak 990 orang, dibangun di area seluas 100 ekar di daerah Reyhanli provinsi Hatay berbatasan dengan Suriah.

Konstruksi anak yatim hasil kerjasama Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki (IHH), Yayasan Syeikh Thani Ibn Abdullah Layanan Kemanusiaan Qatar (RAF) dan Departemen Kebijakan Keluarga dan Masyarakat Turki.

Kepala Departemen Anak Yatim IHH Murat Yilmaz mengatakan kepada AA, proyek tersebut bertujuan mendukung semua kebutuhan anak-anak diantaranya kesehatan, rehabilitasi, makanan, pakaian dan dukungan psikologis dengan suasana lingkungan seperti dalam sebuah rumah.

Yilmaz mengatakan untuk awal sebanyak 250 anak-anak akan tinggal di pusat itu dan diharapkan mencapai target ditetapkan dalam setahun.

Baca: Turki Akan Beri Pendidikan 450.000 Pengungsi Anak Suriah

Selain bekerjasama dengan Qatar, katanya Organisasi Non Pemerintah (NGO) dari Malaysia, Indonesia, Afrika Selatan, Polandia dan Inggris turut berkontribusi pada proyek yang menelan biaya 80 juta lira (US $ 22,2 juta).

Katanya, biaya operasi bulanan pusat itu pula melibatkan sekitar 1,5 juta lira (US $ 416,838) yang akan didanai melalui sumbangan para dermawan, LSM dan pemerintah Turki.

Menurutnya, Departemen Pendidikan akan bertanggung jawab mempekerjakan tenaga pengajar dan menutupi biaya pendidikan.

Setiap villa di pusat itu menampung 18 anak berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin, setiap perumahan dilengkapi kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang belajar, ruang baca dan ruang permainan, kutip Dailysabah, Kamis (13/05/2017).

Baca:  Turki Beri Paspor 500 Pengungsi Palestina

Enam pegawai yang diakui akan ditugaskan untuk menjaga setiap vila dan total petugas adalah sebanyak 330 staf untuk 55 buah rumah.

Desa itu juga memiliki fasilitas masjid, tiga sekolah dasar dan menengah, pusat rehabilitasi, klinik medis, pusat pertemuan, ruang olahraga internal dan eksternal, pusat fasilitas sosial dan rumah kediaman staf serta tamu.

Anak-anak berpeluang bermain di taman terbuka dan untuk memastikan keselamatan mereka, Yilmaz mengatakan penjaga keamanan akan ditugaskan selama 24 jam dan sekitarnya turut dipasang kamera.

Turki telah menghabiskan sekitar US $ 25 miliar untuk tujuan membantu dan menyediakan perlidungan untuk pengungsi sejak perang saudara meletus di Suriah.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !