Selasa, 26 Oktober 2021 / 20 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Bicara di Wall Street Obama Dibayar $400.000

Bagikan:

Hidayatullah.com—Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dikabarkan akan mengantongi uang sebanyak $400.000 sebagai upahnya berbicara dalam konferensi perawatan kesehatan di Wall Street.

Agenda Obama dalam konferensi yang digelar Cantor Fitzgerald LP itu dikonfirmasi oleh staf-staf senior perusahaan tersebut, menurut laporan Fox Business seperti dilansir RT Selasa (25/4/2017).

Obama akan menjadi pembicara utama dalam konferensi satu hari itu, dan telah menandatangani kontrak.

Bekas presiden AS itu kabarnya menerima upah hampir dua kali lebih banyak dari apa yang diterima Hillary Clinton, saat berpidato di Wall Street tahun 2016 sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Obama bukanlah bekas presiden atau pejabat tinggi Amerika Serikat yang pernah mendapatkan bayaran tinggi dari kalangan bisnis untuk menjadi pembicara di acara-acara mereka.

Semua bekas presiden AS mendapatkan pensiun, yang jumlahnya bisa mencapai $205.700 setahun dan terus dinaikkan guna mengikuti laju inflasi. Mereka juga menerima uang dari pemerintah federal untuk menutup biaya kantor dan stafnya.

Dalam konferensi pers terakhir kali sebagai presiden, Obama pernah mengatakan bahwa untuk rencana tahun 2017 dia akan mencoba menjadi penulis. Jika dia membuat memoar perihal pekerjaannya sebagai presiden, sejumlah penerbit dan agen yang ditanyai New York Times mengatakan nilai kontrak untuk tulisan itu bisa mencapai $12 juta sampai $30 juta.

Bekas presiden Bill Clinton dan istrinya Hillary Clinton dikabarkan menerima bayaran hingga $200.000 untuk sekali pidato selama beberapa tahun belakangan. Bill Clinton konon bisa meraup $500.000 hanya dari sebagai pembicara tamu di beberapa acara.

CNN memperkirakan, keluarga Clinton sudah mengantongi lebih dari $153 juta dari upah sebagai pembicara dari tahun 2001 sampai 2015, termasuk pidato di kalangan bisnis di China hingga di Swedia.

Kepada penyiar ternama ABC Diane Sawyer, Hillary Clinton pernah mengatakan bahwa keluarganya “bokek” setelah meninggalkan Gedung Putih.

New York Times melaporkan, mengikuti jejak kedua orangtuanya sebagai pembicara di berbagai acara, Chelsea Clinton –yang merupakan anak tunggal Bill dan Hillary– mendapatkan bayaran hingga $75.000. Upah itu langsung dimasukkan ke Clinton Foundation.

Bekas Menteri Keuangan AS Tim Geitner kabarnya mendapatkan upah $100.000 untuk berbicara dalam pertemuan tahunan Blackstone pada 2013. Dia dibayar $200.000 untuk bicara dalam pertemuan Deutsch Bank pada tahun yang sama, menurut Financial Times.

Bekas kepala bank sentral AS, Ben Bernanke, menurut New York Times dibayar antara $200.000 dan $400.000 untuk berbicara di pertemuan internasional seperti yang digelar oleh sebuah bank di Timur Tengah, kalangan pengusaha swasta dan asosiasi perdagangan.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Amerika Tuduh Taliban Pakistan Organisasi Teroris

Amerika Tuduh Taliban Pakistan Organisasi Teroris

Informan FBI Asal Meksiko Mencuri Data Kedubes Korea Utara di Spanyol

Informan FBI Asal Meksiko Mencuri Data Kedubes Korea Utara di Spanyol

Menkes Polandia: Rayakan Natal dan Tahun Baru di Rumah Saja

Menkes Polandia: Rayakan Natal dan Tahun Baru di Rumah Saja

British Airways Kembali Terbang ke Iran

British Airways Kembali Terbang ke Iran

Anggota Parlemen Inggris Meminta untuk Mengunjungi Mohamad Mursi di Penjara Mesir

Anggota Parlemen Inggris Meminta untuk Mengunjungi Mohamad Mursi di Penjara Mesir

Baca Juga

Berita Lainnya