Rabu, 3 Maret 2021 / 19 Rajab 1442 H

Internasional

Singapura Resmikan Masjid Megah Yusof Ishak, Berciri Khas Melayu

MediaCorp
Masjid Yusof Ishak
Bagikan:

Hidayatullah.com—Singapura meresmikan Masjid Yusof Ishak  dengan menghidupkan semangat presiden pertama Singapura Mr Yusof Ishak yang dikenal sebagai merakyat.

Masjid diresmikan hari Jumat (14/04/2017) oleh istri almarhum, Puan Noor Aishah.

Masjid Yusof Ishak  tergolong megah, terletak di Woodlands Avenue 17 dan berdiri di tengah-tengah tanah lapang dan berkonsepkan Melayu.

Masjid ke-71 itu mengajak para pengunjung seakan menjelajahi suasana di sebuah rumah orang Melayu, dikombinasikan dengan suntikan fitur modern.

Baca: Masjid Beyazid, Warisan Sejarah Berusia 600 Tahun Era Ottoman Terbakar

“Keindahan arsitektur masjid Yusof Ishak ini terletak pada keindahan arsitektur bangunan rumah Melayu yang ada di Nusantara, di mana kita menemukan rumah-rumah Melayu ini, penuh dengan hiasan-hiasan yang berunsurkan keislaman dan kemelayuan. Di sekitar masjid ini saja, ada beberapa bentuk hiasan yang berbeda,  kata Mudir Masjid Yusof Ishak, Muhd ​​Ayub Johari dikutip sebuah media lokal.

Status Presiden Pertama

Menurut Ayub, konsep Nusantara dipilih untuk menampilkan kepribadian Presiden pertama Singapura Yusof Ishak yang ketika menjadi Presiden sangat prihatin terhadap masyarakat Melayu Singapura.

Untuk menghidupkan lagi semangat dan karakternya, mimbar masjid diukir dengan pola anggrek, bunga yang menjadi favoritnya juga istri Puan Noor Aishah.

Ada juga sebuah taman anggrek khusus di belakang masjid untuk menyorot lagi kepribadian pasangan tersebut di masjid ini.

Jika dilihat sekeliling masjid itu, banyak sekali hijau-hijauan. Yang menariknya, istri Presiden Yusof Ishak, Puan Noor Aishah sudah menyumbangkan setidaknya lima jenis tanaman dari taman di rumahnya. Ia sudah ditanam di sekitar area masjid itu.

Baca: Renovasi Masjid Syuhada Gunung Uhud Siap Dipakai Sebelum Ramadhan

Masjid lima lantai itu mampu menampung 4.500 jemaah. Ini sekaligus dapat mengurangi kemacetan sewaktu shalat Jumat di masjid An-Nur, yakni satu lagi masjid di Woodlands.

Selain fasilitas-fasilitas dasar yang menerapkan berbagai prasarana untuk setiap golongan masyarakat, termasuk yang cacat, kantor RLAF di masjid itu juga untuk memperingati semangat dan sifat Yusof Ishak yang semasa hidupnya, berkomitmen untuk pengembangan kaum muda dan membantu mereka yang sakit dan kurang mampu baik.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Hilal Dzulhijjah Belum Tampak, Saudi Genapkan Dzulqo’dah

Hilal Dzulhijjah Belum Tampak, Saudi Genapkan Dzulqo’dah

Wali Kota London Kritik Pelarangan Burkini di Prancis

Wali Kota London Kritik Pelarangan Burkini di Prancis

Nama Desa di Spanyol Bunuh Yahudi Diganti

Nama Desa di Spanyol Bunuh Yahudi Diganti

5 Polisi Mesir Tewas Akibat Serangan Kelompok Tak Dikenal

5 Polisi Mesir Tewas Akibat Serangan Kelompok Tak Dikenal

Orange Akhiri Kerjasama Telekomunikasi, Zionis Israel Marah

Orange Akhiri Kerjasama Telekomunikasi, Zionis Israel Marah

Baca Juga

Berita Lainnya