Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Nike Dikecam Karena Produk Hijab

USA Today
Amna al Haddad
Bagikan:

Hidayatullah.com—Perusahaan  merek olahraga terkemuka dunia, Nike, Inc, baru-baru ini dikecam beberapa pihak menindaklanjuti tindakan perusahaan itu yang memperkenalkan produk hijab untuk wanita Islam bagi memudahkan mereka berolahraga.

Desain jilbab Nike Pro Hijab melibatkan dan diuji oleh skater Zahra Lari dan atlet angkat besi Amna Al Haddad, Nike  Pro Hijab merupakan produk olahraga yang diciptakan untuk menghilangkan hambatan yang membatasi wanita Islam untuk terus tetap fit.

Meskipun belum dipasarkan hingga 2018, produk terbaru Nike  itu sudah menerima berbagai reaksi.

Banyak pihak  mengkritik perusahaan tersebut dengan mengklaim hijab merupakan simbol penindasan terhadap wanita. Bahkan ada pihak ingin memboikot Nike  karena memperkenalkan produk itu.

Baca: Presiden AFC Minta Bos FIFA Dukung Jilbab

Namun Amna membalas kritik itu melalui pernyataan dalam situs berbagi foto dan video, Instagram.

“Dengan Nike Pro Hijab, saya menyadari banyak pihak menyatakan pandangan masing-masing terhadap keputusan Nike  mengeluarkan produk tersebut.

“Dari perspektif saya sebagai atlet yang berhijab, pada masa lalu perusahaan terkemuka tidak melihat kebutuhan atau pasar hijab karena ia tidak populer dan tidak pernah melihat wanita berlatih, berolahraga dengan berhijab.

“Namun belakangan ini, lebih banyak perempuan menyuarakan kebutuhan terhadap produk tersebut dan lebih banyak atlet profesional memperjuangkan hak untuk bertanding dengan berhijab dan hak sama rata di lapangan.

“Aksi kami ini tidak bisa diabaikan. Sebagai wanita Islam, kami amat lantang memperkatakan ini kepada media sejak 2011,” katanya dikutip laman elle.com.

Baca: Pengalaman Gadis Muslim AS Berhijab

Meskipun mendapat kritik, tetapi masih banyak pihak  mempertahankan Nike  memperkenalkan produk hijab.

“Setiap wanita memiliki hak untuk memilih pakaian mereka dan sulit untuk menemukan hijab yang sesuai dengan pakaian olahraga.

“Langkah Nike  ini sangat tepat bagi memungkinkan semua wanita terlibat dalam olahraga,” kata seorang komentar melalui Instagram.

Amna melanjutkan dengan mengatakan bahwa Nike, “sebagai perusahaan yang inovatif,” diciptakan jilbab untuk memenuhi kebutuhan pasar dan hal itu menjadi lebih baik karena “akan mendorong generasi baru atlet untuk mengejar olahraga profesional.”

“Saya mendukung perempuan Muslim dengan atau tanpa jilbab, dan bagaimana mereka berpakaian adalah pilihan mereka,” katanya.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Demonstran Hong Kong Diserang Gerombolan Orang Bersenjata

Demonstran Hong Kong Diserang Gerombolan Orang Bersenjata

Kalangan Muda Muslim Eropa Promosikan “Aku Muslim”

Kalangan Muda Muslim Eropa Promosikan “Aku Muslim”

Lembaga HAM Desak Amerika Hentikan Operasi Pesawat tanpa Awak

Lembaga HAM Desak Amerika Hentikan Operasi Pesawat tanpa Awak

Pernyataan Netanyahu tentang Mufti Al-Quds dan Hitler Jadi Bahan Olok-olok

Pernyataan Netanyahu tentang Mufti Al-Quds dan Hitler Jadi Bahan Olok-olok

Pria Saudi Berbobot 610 Kg Turun 50 Kg

Pria Saudi Berbobot 610 Kg Turun 50 Kg

Baca Juga

Berita Lainnya