Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Konferensi Universitas Al-Azhar Desak Dunia Tak Kaitkan Islam dengan Terorisme

Syeikh Al Azhar, Dr. Ahmad Thayyib
Bagikan:

Hidayatullah.com–Konferensi Universitas Al-Azhar ke-28 mengeluarkan ketetapan menuntut masyarakat dunia tidak lagi mengaitkan Islam dengan terorisme.

Grand Syeikh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ahmad al-Thayyib  mengatakan, mereka ingin pihak yang mengaitkan Islam atau agama-agama lain dengan kekerasan supaya segera berhenti melakukannya.

“Menghukum Islam dengan perbuatan pidana oleh beberapa individu membuka ‘pintu’ bagi masyarakat untuk mengaitkan semua agama dengan kekerasan.

“Ini memberi pembenaran kepada argumen kaum ekstrimis modernitas yaitu masyarakat tidak membutuhkan agama,” katanya dalam  Konferensi Internasional Muktamar Al-Azhar dan (Majlis Hukama al Muslimin) 28 Februari-1 Maret 2017 di Kairo, Mesir.

Baca: Presiden Pemuda OKI: Kebijakan Trump Permalukan AS

Konferensi selama dua hari bertema Al Hurriyah wal Muwathanah At-Tanawwu’wal Al Takaamul (kemerdekaan, kewarganegaraan, keberagaman dan integrasi) dihadiri para mufti dan pendeta termasuk pemimpin Katolik Maronit Libanon, Beshara Rai serta perwakilan gereja dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Sementara itu di Jenewa, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Dr. Yousef Al-Othaimeen menyatakan keprihatinan dengan perkembangan Islamophobia merupakan penghinaan kepada hak asasi manusia dan martabat umat Islam.

Baca:  Syeikh Ahmad Thayyib, Al-Azhar, dan Syiah

Katanya, peningkatan kebencian dan ekstremis agama terutama diskriminasi terhadap Islam sudah mencapai suatu tingkat mengkhawatirkan.

Dia mengatakan, pembatasan dan kebijakan diskriminasi yang dikenakan pada umat Islam ketika politik berhaluan kanan meningkat memperkuat narasi Islam terhadap golongan itu.

“Kita seharusnya memainkan peran masing-masing dan OKI berkomitmen untuk memainkan perannya,” kata Syeikh Ahmad al-Thayyib.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Parlemen Prancis Setujui ‘RUU Separatisme’ yang Target Muslim

Parlemen Prancis Setujui ‘RUU Separatisme’ yang Target Muslim

DPR Amerika Serikat Setujui RUU Batalkan ‘Larangan Imigrasi Muslim’  Buatan Trump

DPR Amerika Serikat Setujui RUU Batalkan ‘Larangan Imigrasi Muslim’ Buatan Trump

Situs Dai Penolak Pengadilan Mubarak Di-Hack

Situs Dai Penolak Pengadilan Mubarak Di-Hack

NATO Perpanjang Misi, Yordan Hubungi Pemberontak Libya

NATO Perpanjang Misi, Yordan Hubungi Pemberontak Libya

Google Tolak Permintaan Washington Tarik Film Anti Islam

Google Tolak Permintaan Washington Tarik Film Anti Islam

Baca Juga

Berita Lainnya