Tiba di Malaysia, Raja Salman Disambut 21 Tembakan Penghormatan ke Udara

Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman pada konferensi pers menyebut kunjungan itu menggambarkan hubungan antara Malaysia dan Arab Saudi kokoh

Tiba di Malaysia, Raja Salman Disambut 21 Tembakan Penghormatan ke Udara
BH
Raja Salman Abdulaziz Al-Saud didampingi Perdana Menteri, Najib Razak

Terkait

Hidayatullah.com—Raja Arab Saudi, Raja Salman Abdulaziz Al-Saud tiba di Malaysia hari Ahad untuk kunjungan resmi selama empat hari di negara itu.

Pesawat resmi yang membawa rombongan Raja Salman mendarat di Kompleks Bunga Raya, Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) Ahad (26/02/2017) pada jam 10.32 pagi hari.

Kedatangan pria yang juga dikenal Penjaga Dua Masjid Suci, disambut oleh Perdana Menteri, Najib Razak dan Menteri Pertahanan Hishammuddin Tun Hussein, yang juga menteri pendamping, tulis Mingguan Malaysia.

Televisi negara Malaysia pada hari Minggu menayangkan siaran langsung raja yang berusia 80 tahun itu menuruni pesawat dengan eskalator bersama dengan rombongan delegasinya. Raja Salman disambut Perdana Menteri Malaysia Najib Razak sebelum memasuki iring-iringan berpenjagaan ketat dalam sebuah upacara kenegaraan di lapangan parlemen Malaysia.

Baca: Pentingnya Kunjungan Raja Salman bagi RI dan Arab Saudi

Pemimpin Arab Saudi itu disambut dengan sebanyak 21 tembakan penghormatan ke udara, sebagaimana yang dilaporkan sebuah media lokal.

Malaysia adalah negara pertama yang dikunjungi Raja Salman dalam kunjungannya ke Asia Tenggara sejak naik tahta.

Raja Salman diiringi delegasi 600 anggota dalam perjalanan sampai 1 Maret, termasuk anggota kerabat kerajaan dan Menteri Kabinet Arab Saudi. Lebih 100 kendaraan disediakan untuk membawa anggota rombongan kerajaan itu.

Baca: Raja Salman Beri Hadiah 1000 Keluarga Syuhada Palestina Haji Gratis Tahun ini

Kunjungan sulung Raja Salman ke Malaysia itu adalah atas undangan Yang di-Pertuan Agong, Sultan Muhammad V.

Kali terakhir Raja Arab Saudi melakukan kunjungan ke Malaysia pada 2006 yaitu oleh Almarhum Raja Abdullah Abdulaziz Al-Saud.

Almarhum Raja Faisal Abdulaziz Al-Saud melakukan kunjungan negara ke Malaysia pada 1970.

Dalam catatan melalui akun Twitter, Najib sebelumnya mengatakan ia tidak sabar untuk menyambut kedatangan Raja Salman.

Perdana Menteri mengatakan terakhir dia bertemu Raja Salman adalah pada Maret tahun lalu di Riyadh dan sangat berterima kasih atas layanan yang diberikan kepada beliau.

Upacara perayaan negara untuk Raja Salman akan diadakan di Lapangan Parlemen, Kuala Lumpur, diikuti upacara menghadap Sultan Muhammad V.

Baca:  Raja Salman Disambut Istimewa Presiden Recep Tayyip Erdogan

Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman pada konferensi pers terbarunya mengenai kunjungan itu menggambarkan hubungan antara Malaysia dan Arab Saudi adalah kokoh.

“Wujud hubungan dekat secara pribadi antara Istana Saud dan Pemerintah Malaysia,” katanya.

Arab Saudi adalah mitra dagang kedua terbesar Malayia di Timur Tengah, dengan perdagangan antara kedua negara mengalami peningkatan sebesar 19,8 persen tahun lalu dan kini berjumlah RM13.12 miliar.

Hampir 60 persen dari total ekspor Malaysia ke Arab Saudi adalah produk terkait minyak sawit dan produk pertanian berbasis kelapa sawit, mesin, perlengkapan dan suku cadang, makanan siap diproses serta produk listrik dan elektronik.

Usai Malaysia, Raja Salman akan berkunjung ke Jakarta dan Bali di Indonesia dari 1-9 Maret, dengan jumlah rombongan yang lebih besar yaitu 1.500 orang, diikuti perjalanan ke Jepang pada 12-14 Maret.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !