Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Tiga Biksu Cedera Saat Bentrok dengan Polisi Bangkok terkait Kasus Korupsi

Bangkok Pos
Petugas Departemen Investigasi Khusus (DSI) bentrok dengan para biksu
Bagikan:

Hidayatullah.com–Setidaknya tiga orang biksu Buddha terluka dalam bentrok dengan polisi Thailand di Wat Phra Dhammakaya saat ribuan anggota keamanan itu menemukan bekas kepala biksu, Phra Dhammachayo yang diburu aparat akibat dugaan melakukan pencucian uang dan invasi tanah.

Bentrok yang berlangsung 20 menit itu terjadi sehari setelah seorang biksu senior di kuil bersangkutan, Phra Thammasak memberitahu kepada wartawan bahwa Phra Dhammachayo telah melarikan diri pada hari Kamis dan bersembunyi di daerah terdekat.

Turut terluka dalam kejadian itu adalah dua orang petugas polisi dari Departemen Investigasi Khusus (DSI) dan seorang siswa perempuan, tulis Bangkok Post Kamis (21/02/2017).

Baca: Polisi Kepung Kuil Budha karena Dugaan Biksu Korup

Operasi mencari Phra Dhammachayo memasuki hari kelima hari ini. Ribuan pengingut Buddha membanjiri kuil sambil bersorak dan membentuk ‘perisai manusia’ guna mencegah polisi masuk dan melanjutkan operasi.

Kamis lalu, perwakilan kuil bersangkutan setuju untuk mengizinkan polisi menggeledah tempat tersebut.

Sementara itu, juru bicara DSI yang enggan disebut namanya mengatakan, pihaknya sedang meneliti rekening bank Phra Dhammachayo untuk mendeteksi transaksi antara kuil berkenaan dengan mantan kepala biksu itu.

Baca: Biksu Thailand Ditangkap dalam Kasus Penyelundupan Kulit Harimau

Biksu Phra menjadi buron setelah namanya disangkutpautkan dengan kasus pencucian uang. Dia diduga telah melakukan penggelapan dana uang sebesar US $ 40 juta  selama menjabat sebagai biksu di salah satu kuil Buddha terbesar di Bangkok.

Upaya penggiringannya ke meja hukum sudah dilakukan sejak Juni 2016. Akan tetapi, biksu berusia 72 tahun tersebut terus menerus mendapat perlindungan dari para biksu dan jemaahnya. Setiap kali polisi mau masuk, ribuan masyarakat telah berkumpul menjadi tameng hidup baginya.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

AS Berencana Menyerang Suriah

AS Berencana Menyerang Suriah

Amerika Siapkan RUU Lindungi WNI Kristen Pencari Suaka

Amerika Siapkan RUU Lindungi WNI Kristen Pencari Suaka

Toha Rayyan Al-Azhar

Syeikh Toha Rayyan, Guru Besar Al-Azhar dalam Madzhab Maliki Wafat

Muslimah Masjidil Haram Nabawi

Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Penunjukan 600 Muslimah

Bawa Jimat, Calhaj Ditahan Petugas Masjid Nabawi

Bawa Jimat, Calhaj Ditahan Petugas Masjid Nabawi

Baca Juga

Berita Lainnya