Turki Tawarkan Pendidikan Gratis Anak-Anak Suriah

Turki telah menjadi tuan rumah untuk tiga juta pengungsi Suriah melebihi negara lain di dunia. Negara itu juga telah mengalokasikan sekitar $ 25 miliar untuk memberi perlindungan kepada pengungsi

Turki Tawarkan Pendidikan Gratis Anak-Anak Suriah

Terkait

Hidayatullah.com–Turki sejauh ini telah menawarkan pendidikan gratis kepada 48.000 anak-anak Suriah, kata menteri pendidikan pada Senin menurut laporan kantor berita Turki Anadolu Agency.

Ismet Yilmaz dalam wawancara khusus dengan Anadolu mengatakan, setengah dari keseluruhan 850.000 murid pengungsi Suriah yang berada di negara itu menerima pendidikan bersama dengan murid lokal lain di sekolah umum.

“Kami ingin menyediakan pendidikan tidak hanya untuk anak-anak warga negara ini tetapi juga kepada pengungsi yang berlindung di Turki dan kepada anak-anak yang tidak dapat melanjutkan kehidupan di negara sendiri. Jika seseorang tidak berpendidikan memudahkan mereka terkena risiko di mana saja mereka berada, “kata Yilmaz dikutip Anadolu.

Baca: Presiden Turki Tawarkan Kewarganegaraan Pengungsi Suriah

Dia mengatakan, pemerintah melakukan penelitian intensif untuk menyediakan pendidikan bagi pengungsi Suriah menindaklanjuti perintah Perdana Menteri Turki Binali Yildirim pada Juni lalu yang ingin segera diberikan pendidikan gratis kepada pengungsi.

Uni Eropa turut berkontribusi kepada Turki untuk tujuan pendidikan dan berikrar untuk memberi kontribusi senilai US $ 319 juta.

Baca: Arab Saudi Gelontorkan 75 Juta USD untuk Bantu Pengungsi Suriah

“Pada fase pertama mereka telah mengirim € 90 juta,” kata Yilmaz menambahkan Kementerian pula mendistribusikan buku dan membiayai tenaga pengajar.

Turki telah menjadi tuan rumah untuk tiga juta pengungsi Suriah melebihi negara lain di dunia. Negara itu juga telah mengalokasikan sekitar $ 25 miliar untuk memberi perlindungan kepada pengungsi sejak perang Suriah meletus pada 2011.

Sebelum ini, wakil direktur eksekutif UNICEF, Justin Forsyth, hari Kamis (19/1/2017) mengatakan, hampir 500.000 anak-anak pengungsi Suriah saat ini menerima pendidikan di berbagai sekolah.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !