Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Dituduh Biayai Ikhwan, Aset Mantan Bintang Sepak Bola Mesir Dibekukan

Reuters
Mohamed Aboutrika
Bagikan:

Hidayatullah.com–Pengadilan Mesir hari Selasa mencantumkan mantan bintang sepak bola Mesir Mohamed Aboutrika  dengan tuduhan ‘teroris’ hanya karena memberi kontribusi kepada gerakan Islam, Al Ikhwan al Muslimun.

Pemerintah Mesir mengklaim Aboutrika  telah membiayai gerakan Ikhwan, organisasi yang oleh rezim Al-Sisi ditetapkan sebagai ‘teroris’ sejak kudeta berdarah tahun 2013.

Berdasarkan undang-undang antiterorisme 2015 yang ditetapkan Presiden Abdul Fattah Al-Sisi, setiap individu yang terdaftar sebagai ‘teroris’ di Mesir,  dilarang bepergian dan semua asetnya akan disita.

Dilaporkan, setelah undang-undang itu diberlakukan, seluruh aset Aboutrika  telah dibekukan. Ia tidak boleh bepergian ke luar negeri dan paspornya terancam dinonaktifkan.

Pengacara Aboutrika , Muhammad Utsman, mengaku belum mengetahui detail terkait hal ini. Akan tetapi, pihaknya menegaskan akan melawan putusan tersebut.

Mesir dan Ikhwanul Muslimin Perbaiki Hubungan

“Kami akan mengajukan banding terhadap keputusan ini,” katanya kepada Alarabiya.

Anggota Ikhwan, Abdul Mun’im Abdul Maqsud, mengungkapkan bahwa pemerintah Al-Sisi telah memasukkan sebanyak 1502 anggota Ikhwan  dalam daftar ‘teroris’. Aboutrika termasuk dalam daftar tersebut.

Aboutrika  adalah salah seorang pemain sepak bola Afrika yang paling cemerlang dalam generasinya, pernah mendukung pemimpin Ikhwanul Muslimin, Mohammad Mursi, menjadi presiden pada tahun 2012.

Mursi kemudian menjadi presiden pertama yang dipilih dalam Pemilu. Kemenangannya  menandai kali pertama Mesir menggelar pemilihan presiden secara demokratis. Namun, tak lama berselang, angkatan bersenjata Mesir menggulingkannya. Organisanya, Ikhwanul Muslimin dinyatakan terlarang dan banyak anggotanya ditangkapi.

Ikhwanul Muslimin Jordan Bidik Peran Lebih Besar Pemilu Mendatang

Aboutrika merupakan pemain gelandang tim nasional sepak bola Mesir. Dia sempat membawa harum nama Mesir dalam turnamen piala Afrika. Dia juga pernah mendapat penghargaan pemain terbaik Mesir.

Pembekuan atas aset Aboutrika  masih berlaku meskipun dua perintah pengadilan memerintahkan supaya ditarik.

Dalam sebuah wawancara dengan Koran Al-Ahram pada Mei 2015, Aboutrika  menyangkal perusahaan maupun mitranya pernah membiayai gerakan Islam tersebut.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mesir Tutup Koran Al-Ikhwan al-Muslimun

Mesir Tutup Koran Al-Ikhwan al-Muslimun

Obama Buka Perundingan Langsung Secara Resmi

Obama Buka Perundingan Langsung Secara Resmi

Konser “Penyanyi Disco” di Saudi, Pengunjung Dilarang Joget

Konser “Penyanyi Disco” di Saudi, Pengunjung Dilarang Joget

Covid-19: Warga Jerman Enggan Disuntik Vaksin AstraZeneca

Covid-19: Warga Jerman Enggan Disuntik Vaksin AstraZeneca

Presiden Erdogan: Bangunan Turki Baru Yang Tak Terelakkan

Presiden Erdogan: Bangunan Turki Baru Yang Tak Terelakkan

Baca Juga

Berita Lainnya