Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Media Libanon ‘Serang’ Hamas Karena Kecam Pembantaian di Aleppo

Solidaritas HAMAS untuk Aleppo
Bagikan:

Hidayatullah.com–Surat kabar Libanon milik Hizbullah, Al-Akhbar, ‘menyerang’ Gerakan Perlawanan Islam Hamas lantaran kecaman kerasnya terhadap pembantaian dan pembunuhan massal rakyat sipil Aleppo oleh rezim Suriah, sekutunya Rusia, dan milisi-milisi Syiah.

Hamas menyatakan sikap penolakan dan kecaman atas segala bentuk aksi pembunuhan dan genosida terhadap warga sipil tidak bersalah di Aleppo, Rabu (14/12/2016) lalu. Selain itu, Hamas juga menyatakan solidaritasnya bersama rakyat Suriah.

Akibat sikap Hamas ini, Al-Akhbar dalam sebuah artikel yang diterbitkannya menyebut Hamas sebagai salah satu cabang Ikhwanul Muslimin dan menuduh Hamas secara masif melakukan penangkapan terhadap warga, penulis dan wartawan di Jalur Gaza.

Surat kabar Hizbullah itu menyebut sikap penolakan Hamas terhadap pembantaian Aleppo sebagai sikap representatif Ikhwanul Muslimin atas pertempuran ini. Al-Akhbar juga menilai, hal itu tidak jauh dari sikap Salafi, serta sikap permusuhan terhadap rezim Suriah dan sekutunya.

Gambar Milisi Syiah Hizbullah Bunuh Masyarakat Awam yang Tinggalkan Aleppo jadi Viral

Selain itu, Hamas dituduh ikut campur dalam urusan internal negara-negara Arab. Padahal, Hamas dalam pernyataan resminya selalu berkomitmen tidak turut campur dalam persoalan internal negara-negara Arab.

Pernyataan yang dikeluarkan Hamas juga disebut kontradiktif. Menurut Al-Akhbar, hal yang kontradiktif terdapat dalam substansi pernyataannya. Di bagian awal, Hamas menjelaskan sikap mereka atas persoalan di negara-negara Arab dan pada bagian akhir ada penekanan untuk tidak melakukan intervensi.

Pernyataan sikap yang dimaksud Al-Akhbar adalah pernyataan salah satu anggota Biro Politik Hamas, Khalil Hayyah yang menyebutkan, “Kita tidak bisa tinggal diam melihat apa yang terjadi di Aleppo. Kita tidak bisa tinggal diam ketika anak-anak, wanita-wanita dan Muslimin Ahlu Sunnah Aleppo dibunuhi. Kita tidak akan biarkan pemimpin zhalim terus melakukan kejahatannya.” Dan pernyataan pemimpin Hamas, Khalid Misy’al, dalam sebuah wawancara bahwa apa yang terjadi di Aleppo, “Telah mencabik-cabik hati kami.”

Hamas Tolak Tawaran Bantuan dari Iran

Sementara itu, surat kabar Libanon yang dekat dengan Hizbullah, As-Safir, menuduh Hamas memberikan dukungan dan pelatihan kepada fraksi oposisi di Suriah dan membentuk fraksi-fraksi lain. Surat kabar itu juga menuduh Hamas memperkuat kemampuan militer faksi-faksi bersenjata dari Ikhwanul Muslimin dengan mentranser keahlian lapangan bagi anggota-anggota mereka. Pun, menuduh Hamas membentuk faksi-faksi bersenjata di Suriah.*

Rep: Arabi21|SA
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Ikhwanul Muslimin Kecam Pengeboman dan Penembakan

Ikhwanul Muslimin Kecam Pengeboman dan Penembakan

Ahmadinejad: Eropa dan Amerika Pasti Alami Revolusi

Ahmadinejad: Eropa dan Amerika Pasti Alami Revolusi

Aksi Pauline Hanson Dinilai Rusak Hubungan dengan Muslim Australia

Aksi Pauline Hanson Dinilai Rusak Hubungan dengan Muslim Australia

Ini Alasan Qadhafi Mungkin Masih akan Bertahan (2)

Ini Alasan Qadhafi Mungkin Masih akan Bertahan (2)

Australia Akui Yerusalem Barat Ibukota Israel

Australia Akui Yerusalem Barat Ibukota Israel

Baca Juga

Berita Lainnya