Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Negara Barat Desak ICC Selidiki Kejahatan Rusia di Suriah

atlanticsentinel.com
Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault
Bagikan:

Hidayatullah.com– Prancis mendesak Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) supaya menggelar investigasi dugaan kejahatan perang yang dilakukan pasukan Suriah dan Rusia di Aleppo timur.

Hari ini, Menteri Luar Negeri Prancis mengimbau Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) agar menyelidiki Rusia atas kemungkinan kejahatan perang di Suriah.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault mengatakan kepada Radio France-Inter hari Senin (10/10/2016) bahwa Prancis bermaksud menghubungi jaksa internasional ICC untuk mengetahui bagaimana caranya agar penyelidikan diluncurkan, tulis Voice of America.

“Pemboman ini, dan telah sayakan sampaikan hal ini di Moskow, adalah kejahatan perang,” ujar Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault kepada Radio France Inter setelah sebuah draft resolusi mengenai Suriah kepada Dewan Keamanan PBB diveto oleh Rusia.

Sebelum ini, dalam upaya mencapai gencatan senjata September lalu, pesawat tempur-pesawat tempur Rusia dan Suriah justru melancarkan serangan besar-besaran ke bagian wilayah Aleppo yang dikuasai kelompok pembebasan.

100 Orang Wafat di Suriah dalam Serangan Udara Jelang Gencatan Senjata AS-Rusia

Ayrault mengatakan Prancis tidak setuju dengan pemboman Aleppo oleh Rusia dan lebih berkomitmen untuk menyelamatkan penduduk di sana.

Dia mengatakan penyelidikan akan didasarkan pada peran Moskow dalam serangan udara di bagian timur kota itu yang dikuasai kelompok pembebasan.

Rusia hari Sabtu memblokir resolusi Dewan Keamanan PBB yang diusulkan oleh Prancis dan Spanyol untuk mengakhiri permusuhan.

Sementara itu, Negara-negara Barat juga semakin serius mendalami dugaan kejahatan perang Rusia di Suriah.

Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyerukan penyelidikan kejahatan perang terkait serangan udara Rusia dan Suriah di Suriah. Rusia telah menolaknya dengan marah.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Badan Investigasi Nasional India Kembali Tuduh Dr Zakir Naik

Badan Investigasi Nasional India Kembali Tuduh Dr Zakir Naik

Nigeria Ajukan RUU Antipelecehan Seksual

Nigeria Ajukan RUU Antipelecehan Seksual

Turki Tak Akan Tutup Pangkalan Militer di Qatar

Turki Tak Akan Tutup Pangkalan Militer di Qatar

Prancis Kerahkan Drone ke Sahel Perangi Militan Muslim

Prancis Kerahkan Drone ke Sahel Perangi Militan Muslim

250 Ribu Warga Sipil Kembali ke  Mosul

250 Ribu Warga Sipil Kembali ke Mosul

Baca Juga

Berita Lainnya