Hanya Karena Berutang 2.950 Rupiah, Suami-Istri Kasta Terendah di India Dibunuh

Suami-istri itu mengatakan kepada si pemilik toko bahwa mereka akan membayar utangnya nanti pada malam hari setelah menerima upah harian.

Hanya Karena Berutang 2.950 Rupiah, Suami-Istri Kasta Terendah di India Dibunuh
Wanita India dari komunitas Dalit.

Terkait

Hidayatullah.com—Seorang pria dari komunitas Dalit, kasta terendah dalam masyarakat India, dipenggal kepalanya dan istrinya digorok hingga tewas hanya karena tidak bisa melunasi utang sebesar 15 rupee atau sekitar 2.950 rupiah.

Polisi mengatakan suami-istri itu dibunuh oleh pemilik toko dari kasta lebih tinggi pada hari Kamis (28/7/2016), setelah keduanya mengatakan kepada pemilik toko bahwa mereka butuh waktu untuk membayar biskuit yang telah dibelinya.

Pemilik toko itu telah ditangkap, lapor BBC.

Polisi kepada kantor berita Press Trust of India mengatakan bahwa pembunuhan itu terjadi di distrik Mainpuri, negara bagian Uttar Pradesh, pada hari Kamis pagi ketika suami-istri itu dalam perjalanan pergi bekerja.

Pasangan itu dihentikan di jalan oleh Ashok Mishra, pemilik sebuah toko desa, yang menagih agar suami-istri itu membayar uang pembelian 3 bungkus biskuit yang dibeli untuk tiga anak mereka beberapa hari silam.

Suami-istri itu, menurut laporan media, mengatakan kepada si pemilik toko bahwa mereka akan membayar utangnya nanti pada malam hari setelah menerima upah harian.

“Sementara Mishra berteriak-teriak menagih utang, pasangan itu terus berjalan menuju ladang garapan mereka. Mishra kemudian lari pulang ke rumahnya yang terletak tidak jauh dan kembali ke lokasi dengan sebuah kapak. Dia kemudian menggorok Bharat berulang kali, lalu menyerang Mamta yang berusaha menyelamatkan suaminya. Pasangan itu tewas di tempat,” kata Nadeem, seorang warga desa setempat kepada The Indian Express.

Menyusul peristiwa itu, orang-orang Dalit di desa tersebut berusaha memblokir jalan sebagai bentuk protes mereka.

Dalit adalah komunitas orang kasta paling rendah dalam masyarakat di India yang didominasi budaya Hindu. Bisa dibilang semua Dalit miskin akibat aturan kasta tersebut, dan mereka kerap diperlakukan lebih hina dari binatang oleh orang-orang yang berkasta lebih tinggi. Mereka dimarjinalkan dalam segala bidang kehidupan.

Awal bulan ini empat pria Dalit diserang oleh warga yang main hakim sendiri, saat mereka sedang menguliti bangkai seekor sapi di negara bagian Gujarat. Sapi adalah hewan yang dianggap sakral oleh masyarakat Hindu, nilainya lebih tinggi dari nyawa manusia.

Bulan Maret, seorang pria Dalit dibunuh karena menikahi seorang wanita dari kasta di atasnya di negara bagian Tamil Nadu. Pelaku pembunuhan itu, ayah si perempuan, menyerahkan diri dan mengakui melakukan pembunuhan itu di tengah jalan di siang hari bolong, kata polisi.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !