Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Pemerintah Australia Setujui Pembangunan Masjid Hunter Valley

ABC
Muslimah Australia di sebuah masjid di Newcastle
Bagikan:

Hidayatullah.com–Rencana kontroversial pembangunan masjid di daerah Hunter Valey, Newcastle, Australia, telah mendapat persetujuan dari pemerintah setempat.

Newcastle Muslim Association mengajukan permohonan kepada pemerintah daerah (Cessnock Council) untuk membangun sarana ibadah seluas 390 meter persegi serta rumah penguburan di lahan seluas 23 hektar di Buchanan, di selatan Maitland.

Sejumlah warga setempat menyatakan ukuran masjid itu terlalu besar, serta akan menimbulkan kemacetan dan kebisingan dan juga tidak sejalan dengan tatanan kehidupan pedalaman.

Dalam rancangannya, masjid ini juga akan memiliki halaman depan yang beraspal, area BBQ dan rekreasi, serta jalan akses baru yang tertutup.

Asosiasi itu menyatakan pembangunan ini diharapkan mengurangi beban dari masjid yang sudah ada di Wallsend, serta akan menampung 200 jamaah shalat Jumat dan sekitar 450 orang saat lebaran dua kali setahun.

Para pejabat (councillor) setempat pada Rabu (20/7/2016) malam mendengar masukan dari 28 pembicara terdaftar, 16 menyatakan setuju dan 12 menentang permohonan itu, dalam rapat yang berlangsung cukup panas.

Polisi tampak berjaga-jaga di luar gedung pertemuan setelah para councillor memberikan suara dengan perbandingan enam-empat, memberi lampu hijau bagi pembangunan tersebut.

Councillor Morgan Campbell mengaku mendengarkan kekhawatiran konstituennya, namun baginya ini merupakan keputusan sederhana.

“Saya memilih menyetujui pembangunan, menyetujui masjid itu,” katanya. “Dan saya melakukan hal itu karena perencanaannya sangat lengkap – pada dasarnya ini keputusan terkait perencanaan.”

“Laporan council sangat jelas, isu-isu terkait perencanaan dipenuhi dengan baik. Asosiasi Muslim telah memenuhi semua yang bisa diminta terhadap mereka bahkan lebih,” tambah Campbell.

Sejumlah warga menyatakan khawatir mengenai ukuran bangunan, begitu juga dengan lalu-lintas, kebisingan dan hilangnya ketenangan.

Cuoncillor lainnya, James Ryan, mengatakan lokasi di Buchanan Road sudah tepat.

“Masjid itu merupakan tambahan yang cukup moderat tepat di sisi jalan Hunter Expressway,” katanya dikutip Australiaplus, Rabu (22/07/2016).

“Aksesnya bagus, Anda bisa lihat mengapa lokasi ini cocok dan menarik. Saya kira ini akan menjadi aset nyata bagi Cessnock, saya rasa hal ini akan membuat kita menjadi lebih beragam,” tambah Ryan.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mahkamah Turki Tolak Reformasi jilbab

Mahkamah Turki Tolak Reformasi jilbab

Mufti Besar Saudi: Patuhilah Pemimpin Negeri

Mufti Besar Saudi: Patuhilah Pemimpin Negeri

MER-C Tangani 2.110 Pasien Korban Banjir di Pakistan

MER-C Tangani 2.110 Pasien Korban Banjir di Pakistan

AS Minta Bantuan Malaysia Dalam Dialog Dengan Umat Islam

AS Minta Bantuan Malaysia Dalam Dialog Dengan Umat Islam

Wanita Yaman Berhasil Hentikan Konflik Berdarah  Dua Suku

Wanita Yaman Berhasil Hentikan Konflik Berdarah Dua Suku

Baca Juga

Berita Lainnya