Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Turki Mengaku Kebijakannya Tak Berubah terhadap Palestina

Bagikan:

Hidayatullah.com–Jurubicara Kepresidenan Turki Abraham Qaln, Selasa (28/06/2016), menegaskan bahwa kebijakan negaranya terhadap Palestina belum dan tidak akan berubah, pasca kesepahaman antara Turki dan Israel terkait dengan masalah normalisasi hubungan kedua belah pihak.

“Sikap-sikap Turki tetap, terkait dengan diakhirinya pendudukan Israel, kemerdekaan Palestina, perbaikan situasi hidup penduduk Jalur Gaza dan solusi isu Palestina melalui pendirian dua negara Palestina dan Israel,” ujar Abraham  dikutip Paletine Information Centre (PIC).

Seperti dikutip kantor berita Anadolu Agency, Abraham menjelaskan bahwa negaranya akan terus membela hak-hak rakyat Palestina di seluruh forum internasional. Dia memprediksi bahwa dimulainya kembali hubungan diplomasi antara Ankara dan Tel Aviv akan menjadi sarana untuk menambah peran Turki dalam menyelesaikan persoalan Palestina dan menjamin kebutuhan sehari-hari penduduk Jalur Gaza.”

Dia mengingatkan bahwa lamanya waktu yang dibutuhkan pembicaraan Turki dan Israel, hasilnya adalah kegigihan negaranya untuk mewujudkan tuntutannya terhadap dengan normalisasi hubungan. Penandatanganan kesepahaman ini terjadi setelah terwujud semua persyaratan yang diminta dan dituntut oleh Turki.

“Hasil positif kesepahaman ini akan berdampak bagi saudara-saudara di Palestina. Kapal bantuan pertama akan bertolak hari Jum’at ini dari pelabuhan propinsi Mersin menuju Jalur Gaza. Kapal ini bukan satu-satunya yang akan menuju Jalur Gaza, namun akan disusul kapal-kapal lain dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Hubungan antara Turki dan Israel menegang setelah pasukan komando angkatan laut penjajah Zionis menyerang armada kebebasan “Freedom Flotilla” yang membawa bantuan kemanudiaan pada 31 Mei 2010 lalu. Serangan yang terjadi di perairan internasional ini mengakibatkan 9 aktivis Turki gugur yang saat itu berada di atas kapal Mavi Marmara, sementara itu beberapa yang lainnya meninggal akibat luka yang dialami dalam serangan tersebut.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Warga Inggris Diminta Tidak Menimbun Makanan Menjelang Januari 2021

Warga Inggris Diminta Tidak Menimbun Makanan Menjelang Januari 2021

Produksi Kebutuhan Pokok Mesir Masih Rendah

Produksi Kebutuhan Pokok Mesir Masih Rendah

Eks Amir Qatar Khalifa bin Hamad Al-Thani Wafat

Eks Amir Qatar Khalifa bin Hamad Al-Thani Wafat

Ikhwanul Muslimin Tolak Tuduhan Arab Saudi

Ikhwanul Muslimin Tolak Tuduhan Arab Saudi

Berlin Larang Muslimah Pakai Jilbab

Berlin Larang Muslimah Pakai Jilbab

Baca Juga

Berita Lainnya