Yunani Kirim Balik Gay Suriah ke Turki Berdasarkan Perjanjian Migran UE-Turki

Permohonan suaka gay Suriah itu ditolak Yunani dan sebuah panel banding memutuskan dia aman untuk dikembalikan ke Turki.

Yunani Kirim Balik Gay Suriah ke Turki Berdasarkan Perjanjian Migran UE-Turki
AFP

Terkait

Hidayatullah.com—Seorang pria homoseksual Suriah yang ditolak suakanya oleh Yunani akan dikirim balik ke Turki, kata sejumlah sumber kepada AFP.

Gay Suriah berusia 46 tahun itu tiba di Pulau Lesbos, Yunani, setelah Uni Eropa meneken perjanjian dengan pemerintah Ankara yang isinya para pencari suaka yang ditolak akan dikirim balik ke Turki.

Permohonan suaka gay Suriah itu ditolak Yunani dan sebuah panel banding memutuskan dia aman untuk dikembalikan ke Turki, kata Fotini Barka dari LSM Greek Council for Refugees.

Sebuah sumber dari kehakiman mengkonfirmasi penolakan tersebut, dan mengatakan bahwa itu pertama kalinya keputusan panel banding diumumkan ke publik.

Panel mendengar kabar bahwa pria Suriah itu sebelumnya sudah tinggal beberapa tahun lamanya di Istanbul, lapor kantor berita Yunani ANA. Dia mengklaim mendapat ancaman karena orientasi seksualnya.

Sebuah sumber pemerintah membantah keputusan itu bermotivasi politik, dengan mengatakan bahwa keputusan diambil kasus perkasus.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !