Wali Kota Balikpapan Temui Mahasiswanya di Madinah

Wali Kota yang baru terpilih untuk kali kedua ini juga mengingatkan pentingnya menjalankan adab makan Islami dalam keluarga dan masyarakat

Wali Kota Balikpapan Temui Mahasiswanya di Madinah
Wali Kota Balikpapan H. M. Rizal Effendi

Terkait

Hidayatullah.com- Wali Kota Balikpapan H. M. Rizal Effendi, SE mengadakan tatap muka dengan sejumlah mahasiswa Universitas Islam Madinah (UIM) asal Balikpapan di kota Madinah, Arab Saudi, Rabu (4/5/2016) lalu. Pertemuan tersebut berlangsung dalam rangkaian ziarah kota Nabi shallallahu alaihi wasallam sebelum menjalankan ibadah Umrah di Kota Suci Makkah.

Di hadapan mahasiswa, Rizal memberi gambaran perkembangan kota dan tantangan yang sedang dan akan di hadapi Balikpapan ke depan. Menurutnya, peran generasi muda berakhlak mulia sangat diharapkan dalam membangun Balikpapan Madinatul Iman.

“Sangat bersyukur dan berbangga dengan keberadaan adik-adik belajar ilmu agama di Madinah ini. Ke depannya, kita inginkan masjid-masjid di Balikpapan punya manajemen yang lebih baik, tidak hanya fisiknya yang dibangun, tapi juga jamaahnya yang terbina. Kalianlah yang diharapkan, insya Allah tidak lama lagi kita punya Islamic Center,” kata Rizal.

Wali Kota yang baru terpilih untuk kali kedua ini juga mengingatkan pentingnya menjalankan adab makan Islami dalam keluarga dan masyarakat. Menurutnya, salah satu cara untuk menjaga ketahanan pangan adalah dengan menjaga pola makan sesuai tuntunan Nabi.

“Di antara tantangan besar yang kita hadapi adalah masalah pangan. Curah hujan yang kurang menyebabkan petani sulit bertani, ketersediaan pangan terbatas. Ditambah lagi dengan pola makan sebagian masyarakat kita yang kurang baik, selalu ada sisa makanan yang dibuang. Nah, agama kita mengajarkan tidak mubazzir dalam makan, adab inilah yang harus diajarkan kepada masyarakat, khususnya di Balikpapan,” terangnya.

Hadir bersama Wali Kota Balikpapan dalam pertemuan tersebut Wakil Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta, Dandim Balikpapan Letkol Inf Heri Setya, Danlanal Balikpapan Letkol Laut (P) Arief Budiman, Danlanud Balikpapan Kolonel PNB Haddezul, Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi, Ketua Perkaderan dan Pembinaan DPW Hidayatullah Kalimantan Timur Muhammad Arfan dan Ketua PPMI Arab Saudi Imam Khairul Annas.

Untuk diketahui, pada 2015, kota Balikpapan terpilih sebagai The Most Loveable City setelah menjadi kota paling dicintai berdasarkan penilaian publik yang mendukung kota-kota We Love Cities. Tahun 2016 ini, Balikpapan terpilih menjadi finalis Earth Hour City Challenge 2016 sebagai salah satu kota paling dicintai di dunia.*/ Muhammad Dinul Haq

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !