Arab Saudi Rebut 5 Medali Olimpiade Matematika Balkan 2016

Olimpiade Matematika Balkan digelar setiap tahun oleh negara-negara di kawasan Balkan dan Siprus sejak 1984.

Arab Saudi Rebut 5 Medali Olimpiade Matematika Balkan 2016

Terkait

Hidayatullah.com—Arab Saudi memenangkan dua medali emas dan tiga perunggu dalam Olimpiade Matematika Balkan yang digelar di Albania tahun ini.

Dilansir Arab News Kamis (12/5/2016), Arab Saudi menempati peringkat kedelapan dari 19 negara peserta, mengungguli Prancis, Inggris, Italia, Makedonia dan Kazakhstan. Demikian dikatakan Adel Al-Qaid, wakil sekjen Mawhiba (Yayasan Raja Abdulaziz dan Sahabatnya untuk Talenta dan Kreativitas).

Dua medali emas diraih oleh Umar Tawfiq Al-Rabiah dari Riyadh dan Shaden Al-Shamri dari Hail. Zubair Habibullah, Majid Almarhoumi dan Hamza Shafie masing-masing mendapatkan medali perunggu.

Al-Qaid mengatakan perolehan medali itu menunjukkan tingginya standar pendidikan di sekolah-sekolah Arab Saudi yang dibina oleh Kementerian Pendidikan, terbukti dengan mampunya para siswa menghadapi kompetisi berat melawan para peserta terutama dari Eropa.

Olimpiade Matematika Balkan digelar setiap tahun oleh negara-negara di kawasan Balkan dan Siprus sejak 1984. Kompetisi pertama kali digelar di Yunani. Kompetisi itu merupakan salah satu yang paling bergengsi di dunia.

Pada Olimpiade Matematika Balkan tahun 2010 Arab Saudi memenangkan 2 medali perak dan 14 perunggu.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !