Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Salah Satu Aula Tempat Shalat Terbesar di Corsice Dibakar

AP
Seorang polisi memeriksa ruang shalay yang dibakar di Ajaccio, Prancis
Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebuah aula tempat sholat di kepulauan Corsica, Prancis dirusak dengan cara dibakar pada Sabtu yang oleh jaksa sebut kemungkinan serangan kriminal.

Terbakarnya tempat itu terjadi hanya sebulan setelah pulau, yang terkenal dengan wisata akan hijaunya air laut dan pegunungan yang indah, diguncang kerusuhan anti-Arab selama Natal.

Bangunan itu, salah satu aula tempat sholat terbesar di Ajaccio, menderita kerusakan parah karena terbakar, kata Abdallah Zekri, kepala dari Observatorium Nasional terhadap Islamophobia.

Dia meminta pada otoritas “agar melakukan apapun untuk menjelaskan kejadian atas insiden ini bertujuan untuk menghindari meningkatnya kekerasan.”

“Situasinya telah menjadi tenang sejak akhir tahun, tetapi sayangnya orang-orang ingin perhatian menginginkan untuk memanaskan situasinya,” katanya dikutip laman saudigazette.com.sa, Senin (01/05/2016).

Demonstrasi meletus di pulau Mediterania pada Natal setelah pemadam kebakaran dan polisi dipanggil oleh orang dari lingkungan imigran berpenghasilan rendah yang diserang secara tiba-tiba.

Para demonstran meneriakkan slogan seperti “Ini rumah kami!” dan “Arab keluar,” merusak aula tempat sholat dan membakar buku-buku termasuk fotokopi dari Al-Quran.

Beberapa tindakan anti-Muslim terjadi pada minggu-minggu setelah itu, termasuk sebuah serangan pada toko daging milik seorang Muslim.

Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve mengeluarkan pernyataan pada Sabtu menyatakan “solidaritas pada para Muslim di Corsica.”

Dia juga menyuarakan “komitmen pemerintah untuk melindungi semua tempat beribadah, dan menjamin kebebasan beribadah di seluruh wilayah.”

Nasionalis memenangkan pemilihan regional di Corsica untuk pertama kalinya pada Desember.

Pulau tersebut memiliki proporsi terbesar kedua dari orang asing di Prancis, antara 8 hingga 10 persen dari populasi total, setelah wilayah Paris.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Israel Pencuri Air Terbesar Dunia

Israel Pencuri Air Terbesar Dunia

Saling Beri Dukungan, Menlu Korea Utara Menemui Sejawatnya di Damaskus

Saling Beri Dukungan, Menlu Korea Utara Menemui Sejawatnya di Damaskus

Taliban: Kebrutalan itu Bukan yang Pertama

Taliban: Kebrutalan itu Bukan yang Pertama

Anwar Ibrahim Minta Bebas

Anwar Ibrahim Minta Bebas

Amerika Keluarkan Surat Perintah Penangkapan 12 Pengawal Presiden Turki, Erdogan Geram

Amerika Keluarkan Surat Perintah Penangkapan 12 Pengawal Presiden Turki, Erdogan Geram

Baca Juga

Berita Lainnya