Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

KKT ke-13 OKI Akan Diselenggarakan di Istanbul

Bagikan:

Hidayatullah.com–Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan diselenggarakan di Istanbul, Turki pada 10-15 April 2016.

KTT ini akan mengangkat tema “Unity and Solidarity for Justice and Peace” di saat di mana Dunia Islam sepatutnya bersatu dalam menjawab tantangan ke depan untuk memberikan solusi terbaik terhadap banyaknya permasalahan yang menggangu keadilan dan perdamaian yang sangat diharapkan oleh warga Muslim Dunia.

Dikutip laman Kemenlu, KTT ke-13 OKI ini diharapkan akan dapat menghasilkan 4 (empat) buah dokumen.

Dokumen pertama adalah Final Communique, yang menjabarkan tantangan yang dihadapi oleh Dunia Islam dan penguatan kembali kerja sama antar Negara Anggota OKI dengan dukungan penuh dari OKI untuk penyelesaian berbagai tantangan yang dihadapi.

Dokumen kedua adalah Resolution on the Cause of Palestine and Al-Quds Al-Sharif, yang berisi penguatan kembali posisi dan komitmen OKI dalam mendukung isu Palestina dan Al-Quds Al-Sharif.

Dokumen ketiga adalah OIC-2025: Program of Action, yang berisikan program kerja sama 10 (sepuluh) tahun dari tahun 2016 hingga tahun 2025 dalam 18 area kerja sama. Dokumen keempat adalah Istanbul Declaration, yang berisikan komitmen negara-negara OKI dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dunia Islam.

KTT ke-13 OKI merupakan pertemuan tingkat tertinggi di OKI yang diselenggarakan untuk mengidentifikasi isu-isu penting dalam Dunia Islam dan juga memformulasikan kebijakan-kebijakan yang akan diimplementasikan oleh OKI. Selain negara anggota OKI, pada KTT ini, Turki sebagai tuan rumah juga akan mengundang negara Observer OKI, ogranisasi internasional terkait OKI dan negara undangan lainnya.

Delegasi RI dipimpin oleh Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla dan Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi.

Delegasi Indonesia juga akan mengupayakan agar OKI dapat menindaklanjuti hasil KTT Luar Biasa ke-5 OKI mengenai Palestina dan Al-Quds Al-Sharif, khususnya langkah-langkah konkret kolektif untuk membantu kemederkaan Palestina.

Diselenggarakannya KTT ke-13 di Turki, merupakan salah satu negara pendiri OKI pada 1969, akan memegang Keketuaan KTT OKI untuk tiga tahun ke depan.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Van Turki Porak Poranda Diguncang Gempa

Van Turki Porak Poranda Diguncang Gempa

Eropa Masih Mau Berhubungan dengan Teroris Hizbullah

Eropa Masih Mau Berhubungan dengan Teroris Hizbullah

Arab Saudi Sukses Cegat Rudal Pemberontak Syiah Al Houthi

Arab Saudi Sukses Cegat Rudal Pemberontak Syiah Al Houthi

Kuwait Setuju Pengutuk Allah dan Nabi Dihukum Mati

Kuwait Setuju Pengutuk Allah dan Nabi Dihukum Mati

OKI Desak Barat Minta Maaf atas Perang Salib

OKI Desak Barat Minta Maaf atas Perang Salib

Baca Juga

Berita Lainnya