Sepatu Messi Picu Kemarahan Rakyat Mesir

“Messi, kami rakyat Mesir dengan penduduk 90 juta orang, yang memiliki harga diri, kami punya sepatu. Kami tidak makan uang dari sepatu orang lain, ujar anggota parlemen Mesir Said Hassain

Sepatu Messi Picu Kemarahan Rakyat Mesir
Messi dalam acara "Yes, Im Famous" di Channel MBC Masr yang membuat marah rakyat Mesir

Terkait

Hidayatullah.com–Bintang sepakbola Lionel Messi menghadapi reaksi kemarahan rakyat Mesir setelah memberikan donasi sepasang sepatu untuk lelang amal yang dicap mempermalukan semua rakyat Mesir oleh host talkshow terkemuka dan seorang pejabat asosiasi sepak bola di negara tersebut.

Pesepakbola asal Argentina yang bermain di Barcelona dan peraih beberapa penghargaan ini memberikan sepatunya pekan lalu dalam acara Yes, Im Famous di Channel MBC Masr.

Namun beberapa kritikus tokoh-tokoh petinggi marah atas tindakan tersebut, mengatakan bahwa Mesir tidak butuh amal Messi, dan mendesaknya untuk menyumbangkan sepatunya untuk negaranya sendiri, Argentina karena penuh dengan kemiskinan.

Reaksi kemarahan tersebut dibekingi oleh Said Hassain, seorang anggota parlemen dan presenter televisi, yang mengambil pengecualian kepada Messi dalam acara talkshownya sendiri, melepas sepatunya sendiri, dan menawarkannya untuk dikirim ke Argentina.

“Sepatu siapa memangnya yang mau kau jual, Messi? Pikirmu berapa banyak yang kau dapat? Kau tidak tahu kalau kuku dari seorang anak bayi Mesir lebih berharga dari sepatumu? Simpan saja sepatumu untukmu sendiri, “ katanya dikutip laman middleeasteye.net, Rabu (30/03/2016).

“Messi, kami rakyat Mesir dengan penduduk 90 juta orang, yang memiliki harga diri, kami punya sepatu. Kami tidak makan uang dari sepatu orang lain… Ini memalukan bagi semua rakyat Mesir dan saya tidak terima penghinaan ini… Kami rakyat Mesir tidak pernah dipermalukan seperti ini sebelumnya selama 7.000 tahun peradaban kami.”

Azmy Megahed, juru bicara asosiasi sepak bola Mesir dan tamu di acara yang sama, mengatakan, “Jika dia bermaksud untuk mempermalukan kita, maka saya katakan dia lebih baik menaruh sepatu di atas kepalanya dan di atas kepala orang-orang yang mendukungnya… Berikan sepatumu ke negaramu, Argentina penuh dengan kemiskinan.”

Tapi presenter MBC, Mona El-Sharkawy  yang mewawancarai Messi, mengatakan tindakan tersebut sudah disalahartikan.

“Ini tidak benar.Ini adalah tren di acara kami di mana kami mengambil souvenir dari tamu kami dan memberikannya untuk lelang amal, “ El-Sharkawy mengatakan kepada kantor berita Ahram.

“Saya kaget, saya tidak mengatakan bahwa kami akan memberikan sepatu itu untuk amal di Mesir atau tempat lainnya. Saya tidak tahu mengapa mereka mengatakan bahwa ia (Messi) memberikannya untuk Mesir. Ini tidak pernah dinyatakan.”

Ada juga dukungan untuk Messi dari Mido, mantan pemain depan Mesir yang men-tweet: “Hal paling berharga yang dimiliki seorang penulis adalah pena … dan hal paling berharga yang dimiliki pesebakbola adalah sepatunya. Saya harap kita bisa menghentikan tuduhan salah ini.” Sementara Messi belum memberikan komentar apapun.*/Karina Chaffinch

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !