Senin, 27 September 2021 / 19 Safar 1443 H

Internasional

Militer Turki Bantah Akan Lakukan Kudeta

www.nationalturk.com
Ilustrasi: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan jajaran militer
Bagikan:

Hidayatullah.com–Militer Turki membantah sama sekali isu yang digulirkan media-media asing, bahwa pihaknya akan melancarkan kudeta untuk melengserkan tampuk kekuasaan presiden Recep Thayyip Erdogan.

Dalam pernyataan yang tak biasa yang dikeluarkan staf militer Turki di situs resminya mengatakan, “Tetap Komitmen dan Patuh Tanpa Syarat”. Ini merupakan salah satu fondasi angkatan bersenjata Turki.

“Disiplin, ketaatan tanpa syarat dan rantai terpadu komando merupakan dasar dari Angkatan Bersenjata Turki. Tidak akan ada pembicaraan tentang tindakan ilegal yang berada di luar struktur komando atau yang kompromi itu,” kata militer dalam sebuah pernyataan politik yang langka di situsnya dikutip dari France24, Kamis (31/3/2016).

Tak mungkin kita melakukan langkah yang inkonstitusional di luar garis komando yang akan membawanya pada bahaya. Pihaknya tidak merinci media yang mana saja yang ia respon. Akan tetapi ia menganggap semua berita tersebut tidak benar.

Dikutip laman PIC, seorang peneliti militer dan mantan pejabat di departemen pertahanan Amerika, Michael Robin dalam koran Newsweek menulis satu judul “Apakah ada kemungkinan kudeta terhadap Erdogan di Turki?.

Sebagaimana diketahui, Erdogan sudah berada dalam lingkar kekuasaan sejak 2003 lalu, sebagai perdana menteri. Ia terpilih dalam menuntaskan sejumlah masalah yang bertubi-tubi ke Ankara dan berusaha menggabungkan Turki ke dalam tataran Uni Eropa.

Melaluai Partai AKP, Erdogan  mengajukan amandemen konstitusi baru pasca memenangkan Pemilu legislatif November silam. AKP juga telah menjalin koalisi dengan partai oposisi terbesar, CHP, untuk menggolkan amandemen konstitusi tersebut lewat parlemen.

y karena khawatir semua kekuasaan akan dipegang oleh seorang figur otoriter dan menghilangkan kekuasaan militer yang sebelumnya memiliki terlalu banyak kekuatan dari perpolitikan negara.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Amerika Tetap Ingin Dominasi Atas Internet

Amerika Tetap Ingin Dominasi Atas Internet

Penduduk Marah Guru Non Muslim di Kenya  Injak Al-Quran

Penduduk Marah Guru Non Muslim di Kenya Injak Al-Quran

Pesan Damai dari UEA

Pesan Damai dari UEA

Persatuan Ulama Muslim Dunia Peringatkan Pembersihan Etnis Sunni di Mosul Iraq

Persatuan Ulama Muslim Dunia Peringatkan Pembersihan Etnis Sunni di Mosul Iraq

Al Ikhwan Lakukan Demonstrasi Secara Terbatas

Al Ikhwan Lakukan Demonstrasi Secara Terbatas

Baca Juga

Berita Lainnya