Dompet Dakwah Media

Turki Sekarang Juga Impor Gas Alam dari Amerika Serikat

Pembelian LNG dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya oleh Turki itu dilakukan melalui pasar spot.

Turki Sekarang Juga Impor Gas Alam dari Amerika Serikat
Bagan impor minyak dan gas Turki 2014.

Terkait

Hidayatullah.com—Turki telah mengimpor 83 juta meter kubik gas alam cair (LNG) dari Amerika Serikat pada bulan Januari 2016, lapor kantor berita pemerintah Anadolu mengutip laporan dari Otoritas Regulasi Pasar Energi Turki (EPDK) seperti dilansir Hurriyet hari Jumat (25/3/2016).

Menurut laporan itu, impor tersebut (yang mencakup 7,15 persen dari total impor LNG Turki sekitar 1 miliar meter kubik pada bulan Januari dan 1,54 persen dari total impor gas alam sekitar 5 miliar meter kubik pada bulan Januari) merupakan pembelian LNG pertama dari Amerika Serikat. Konsumsi dan Impor gas alam Turki pada waktu itu mencapai angka rekor tertinggi dikarenakan kebutuhan yang meningkat akibat kondisi cuaca.

Pembelian LNG dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya oleh Turki itu dilakukan melalui pasar spot.

Qatar juga mengekspor 43 juta meter kubik LNG ke Turki melalui pasar spot pada bulan Januari 2016. Sementara Aljazair dan Nigeria menyuplai Turki dengan masing-masing 468 juta meter kubik dan 171 juta meter kubik LNG pada bulan yang sama.

Baca juga: Pengadilan Arbitrasi Perintahkan Iran Memberikan Turki Diskon Harga Gas

Gazprom Rusia Mulai Februari Kurangi Suplai Gas Alam ke Turki

Menurut data EPDK, Turki mengimpor gas alam hampir 400 juta meter kubik lebih banyak pada bulan Januari year on year. Sebanyak 240 juta meter kubik dari impor gas alam itu dalam bentuk LNG.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !