Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Usai Umrah, Kang Emil Berbagi Tips Sukses kepada PPMI Madinah

Lukman hakim/hidayatullah.com
Ridwan Kamil pada acara PPMI Madinah, Selasa (19/01/2016).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Baru-baru ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melaksanakan ibadah umrah di Makkah Al-Mukarromah. Usai Umrah, keberadaannya di Kota Madinah dimanfaatkan oleh pengurus Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) cabang Madinah.

Organisasi kemahasiswaan ini mengundang Kang Emil, sapaannya, untuk bersilaturahim dengan ratusan mahasiswa Indonesia yang belajar di Kota Nabi tersebut.

Acara yang bertema “Seni Komunikasi Ala Kang Emil” ini diadakan di Aula Tsaqofiyah, Universitas Islam Madinah (UIM), Senin (18/01/2016), usai shalat Isya waktu setempat.

Dalam pemaparannya, berdasarkan catatan hidayatullah.com, Kang Emil berbagi banyak pengalamannya. Terutama tentang tips dan kerja kerasnya menghasilkan prestasi besar di bidang arsitektur, wirausaha, dan  pemerintahan.

“Ayah-ibu saya keluarga sederhana, guru dosen, pas-pasan, saya tidak diwarisi harta. Jadi apa yang merubah hidup saya? Ilmu!” ujar anak kedua dari lima bersaudara ini.

Ia mencontohkan di antara prestasinya. Dengan ilmu arsitektur yang dikuasainya, Kang Emil telah mendatangi lebih dari 150 kota di dunia untuk urusan pekerjaan di bidang tersebut.

Ia pun memenangkan sayembara pembangunan Museum Tsunami Aceh yang diikuti lebih dari 200 arsitek pada tahun 2007.

Selain ilmu yang menjadi modal dasar dalam berkarya, Kang Emil juga menekankan bahwa hidup itu berkompetisi. Dalam menjalaninya pun seseorang harus memberikan yang terbaik.

“Apa itu yang terbaik? Kalau diminta lima, kasih tujuh; diminta seratus, kasih dua ratus; diminta satu hari, kasih dua hari. Itu yang disebut memberikan energi positif,” ujarnya.

Ratusan mahasiswa UIM mendoakan Kang Emil. [Foto: Zulfahmi]

Ratusan mahasiswa UIM mendoakan Kang Emil. [Foto: Zulfahmi]

Ia juga memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang keadaan dan perkembangan Kota Bandung yang dipimpinnya. Dimana saat ini Bandung merupakan kota dengan tempat wisata terbanyak se-Indonesia.

Ratusan mahasiswa yang hadir sangat antusias mengikuti penyampaian tersebut. Tak lupa mereka mendoakan kesuksesan Kang Emil dalam menjalankan amanah sebagai walikota.

Pada 13 Januari lalu, di fanspage facebook resminya, Ridwan Kamil, ia sempat berpamitan kepada masyarakat Bandung sebelum berumrah selama 7 hari.

“Saya membutuhkan jeda untuk me-recharge baterai batin saya, setelah 2,5 tahun intens dengan urusan duniawi dan keumatan. Kegiatan Kota Bandung akan diurus oleh Mang Oded Danial, selaku Wakil Walikota Bandung,” tulisnya.

“Insya Allah di depan Multazam Kabah, saya doakan juga agar negeri ini dan warga komunitas fanspage ini selalu diberi keberkahanan dan keselamatan lahir batin. Dan siap tidak siap, yang jomblow didoakan pada segera berjodoh dan menikah tahun ini. Hatur Nuhun,” lanjutnya.*/ Zulfahmi, Kontributor hidayatullah.com di Tanah Suci

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Malaysia Larang Peredaran Buku Pendidikan Seks

Malaysia Larang Peredaran Buku Pendidikan Seks

Dilarang 25 Tahun, Aljazair Kembali Izinkan Perburuan Legal Akibat Populasi Celeng Melimpah

Dilarang 25 Tahun, Aljazair Kembali Izinkan Perburuan Legal Akibat Populasi Celeng Melimpah

Penyakit Misterius Merebak di Tanzania, Pasien Muntah Darah

Penyakit Misterius Merebak di Tanzania, Pasien Muntah Darah

Syeikh Al Azhar Keluar dari Partai Pemerintah

Syeikh Al Azhar Keluar dari Partai Pemerintah

Iraq Himbau Warganya Tinggalkan Suriah

Iraq Himbau Warganya Tinggalkan Suriah

Baca Juga

Berita Lainnya