Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Kelompok Teroris Rasis Amerika Ku Klux Klan Siap Menaikkan Ketegangan

Bagikan:

Hidayatullah.com—Kelompok rasis supremasi kulit putih Amerika Serikat yang akrab dengan aksi kekerasan dan teror, Ku Klux Klan, siap menimbulkan ketegangan di South Carolina, seiring dengan penyelidikan yang dilakukan pihak berwenang atas serangkaian pembakaran gereja berjemaat mayoritas kulit hitam.

Dilansir Euronews Rabu (1/7/2015), kelompok supremasi kulit putih itu akan mengadakan pertemuan massa pada bulan Juli ini, guna mendukung bendera konfederasi, satu bulan setelah pemuda kulit putih Dylann Roof menembaki jemaat di sebuah gereja di Charleston sehingga menewaskan 9 warga kulit hitam.

Penyidik federal sedang mencari tahu siapa di balik aksi pembakaran gereja-gereja kulit hitam di sejumlah negara bagian di wilayah selatan Amerika Serikat, yang semuanya terjadi setelah insiden berdarah Rabu malam (17/6/2015) di gereja Charleston itu.

Gereja korban pembakaran teranyar adalah Mount Zion African Methodist Episcopal Church, di South Carolina, pada hari Selasa (30/6/2015), atau dua puluh tahun setelah sebelumnya gereja itu dibakar oleh Ku Klux Klan alias KKK.

Meskipun demikian, penyidik tidak mengatakan bahwa pembakaran gereja itu merupakan aksi kejahatan karena kebencian, dan mengatakan belum ada hubungan antara serangan-serangan itu dengan kelompok supremasi kulit putih.

Pelaku penembakan gereja di Charleston, Dylann Roof, dalam foto-foto yang dipajang sebuah website yang menampilkan manifesto rasisnya berpose dengan bendera konfederasi.

Menyusul penembakan yang dilakukan pemuda berusia 21 tahun itu, banyak kalangan di Amerika Serikat meminta agar bendera konfederasi disingkirkan dari gedung-gedung pemerintahan, seperti di Columbia, ibukota South Carolina.

Loyal White Knight cabang Ku Klux Klan berbasis di Pelham, North Carolina, mengatakan akan menggelar pertemuan massa di gedung parlemen South Carolina pada 18 Juli mendatang.

“Kami berdiri membela (bendera) konfederasi,” kata James Spears, “pemimpin besar” kelompok rasis itu.

Dia mengatakan para pembicara dalam pertemuan mendatang akan menyinggung soal perbudakan. Kemudian KKK akan menggelar aksi bakar salib di area properti pribadi.

Ku Klux Klan merupakan kelompok yang menganggap orang kulit putih (ras bangsa Eropa) lebih tinggi posisi dan derajatnya, serta lebih mulia dan unggul dibanding orang kulit berwarna (terutama Afrika). Dalam sejarah negara Amerika Serikat, KKK dikenal luas akan kekejamannya (termasuk meneror, menyiksa dan membunuh) terhadap orang-orang Amerika keturunan Afrika.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Silvio Berlusconi Positif Covid-19

Silvio Berlusconi Positif Covid-19

Demonstrasi Pecah di Seluruh Mesir

Demonstrasi Pecah di Seluruh Mesir

Prancis Denda Apple karena Sengaja Memperlambat Kinerja iPhone Model Lawas

Prancis Denda Apple karena Sengaja Memperlambat Kinerja iPhone Model Lawas

Demonstran di Swedia Bakar Bendera Israel

Demonstran di Swedia Bakar Bendera Israel

Koran Yahudi Lenyapkan Kanselir Jerman dari Foto Pawai Charlie Hebdo

Koran Yahudi Lenyapkan Kanselir Jerman dari Foto Pawai Charlie Hebdo

Baca Juga

Berita Lainnya