Ahad, 5 Desember 2021 / 29 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Minoritas Kristen Turki Punya 4 Perwakilan di Parlemen

Markar Esayan.
Bagikan:

Hidayatullah.com—Setelah cukup lama minim perwakilan di parlemen, warga minoritas Kristen di Turki sekarang memiliki 4 wakil rakyat hasil pemilihan umum 7 Juni 2015.

Dilansir Hurriyet (8/6/2015), Markar Esayan, seorang jurnalis yang bekerja untuk koran pendukung Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) Yeni Safak, masuk ke parlemen dengan tiket AKP. Perempuan penganut Kristen keturunan Armenia-Turki itu merupakan kandidat ke-12 AKP untuk daerah pemilihan (dapil) dua di Istanbul.

Selina Dogan, dari Partai Rakyat Republik (CHP), terpilih sebagai wakil rakyat di dapil dua Istanbul. Dogan berasal dari Armenia dan bekerja sebagai praktisi hukum, dia merupakan kandidat nomor satu CHP di Istanbul.

Pemimpin CHP yang merupakan ‘musuh besar’ Erdogan dari AKP, Kemal Kilicdaroglu, saat memperkenalkan Dogan mengatakan bahwa pencalonannya merupakan sebuah pesan penting bagi dunia.

“Kami tidak ingin ada perpecahan dalam masyarakat. Kami ingin tumbuh dan berkembang bersama-sama,” kata Kilicdaroglu awal April lalu.

Dua perwakilan warga Kristen lainnya yang duduk di parlemen berangkat dengan kendaraan politik HDP, partai yang memfokuskan pada isu-isu etnis Kurdi di Turki.

Garo Paylan, keturunan Armenia, adalah kandidat nomor dua HDP yang berhasil mendulang banyak suara di dapil tiga Istanbul.

Erol Dora, anggota komunitas Syiriak di Turki maju ke parlemen melalui HDP sebagai kandidat nomor tiga di dapil Mardin. Dia anggota parlemen incumbent.

Sementara itu warga minoritas Yazidi di Turki kali ini memiliki 2 perwakilan melalui partai HDP, yaitu Feleknas Ucaca dari dapil Diyarbakir dan Ali Atalan dari Batman.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Wajah “Paus” Mirip Diktator, Masyarakat  Roma Protes

Wajah “Paus” Mirip Diktator, Masyarakat Roma Protes

Jamaah Malaysia Umrah Naik Moge

Jamaah Malaysia Umrah Naik Moge

Afghanistan Ingin Semua Pasukan Khusus Amerika Diusir

Afghanistan Ingin Semua Pasukan Khusus Amerika Diusir

Profesor Kanada Jadi Muslim Gara-gara Media Barat

Profesor Kanada Jadi Muslim Gara-gara Media Barat

Moskow: Rusia Tidak Bicarakan Nasib Assad

Moskow: Rusia Tidak Bicarakan Nasib Assad

Baca Juga

Berita Lainnya